Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar 15 Kunci Gitar Dasar dan Latihan Strumming untuk Pemula

Belajar Kunci Gitar Dasar
Belajar Kunci Gitar Dasar
Hai, teman Chordsmain. Belajar 15 Kunci Gitar Dasar dan Latihan Strumming untuk Pemula ini adalah tutorial bagi pemain gitar pemula, tentang kunci gitar apa saja yang harus dipelajari terlebih dahulu pada saat baru memulai belajar gitar dan bagaimana cara memetik atau menggenjrengnya. Atau bagi teman-teman yang sudah sering bermain gitar, mungkin ini bisa jadi bahan mengajarkan gitar kepada orang lain yang mau belajar gitar dan belum pernah belajar gitar sama sekali. Biasanya mereka sering bertanya ada berapa banyak kunci gitar dasar yang harus dikuasai dalam bermain gitar, lalu seperti apa cara melatih tangan kiri dan kanannya, karena kadang-kadang meskipun tangan kiri sudah bisa menekan dengan bentuk-bentuk kunci gitar tapi pada saat dibunyikan dengan tangan kanan, suara chordnya tidak jernih bahkan fals.

Jadi tutorial tentang Belajar 15 Kunci Gitar Dasar dan Latihan Strumming untuk Pemula  ini bisa jadi acuan jika teman-teman mau memberikan penjelasan tentang belajar kunci gitar dasar bagi orang lain yang pemula sekali.

Berikut ini daftar gambar dan posisi jari tangan kiri untuk 5 kunci gitar dasar yang wajib dipelajari oleh pemain gitar pemula.

15 Kunci Gitar Dasar untuk Pemula


C, C7, D, Dm, D7, E7

Kunci Gitar Dasar
E, Em F, G, G7, B7

A, Am, A7

Setelah melihat gambar kunci gitar di atas, tampak mudah sekali bukan?. Ya karena memang ini adalah bentuk kunci gitar dasar, tapi tetap akan menjadi dasar untuk belajar bermain gitar selanjutnya. Jadi latihlah dengan memainkan kunci gitar atau chord dasar ini dengan benar. Untuk bentuk kunci gitar lainnya silahkan lihat daftar gambar kunci gitar lengkap.

Pada awal belajar kunci gitar dasar ini mungkin teman-teman pemula akan mengalami beberapa kesulitan, tapi tetap harus teman-teman tempuh proses latihannya. Beberapa kesulitan yang biasa dalam belajar kunci gitar diantaranya:
  • Suara atau bunyi chord saat dimainkan tidak jernih (fret buzz). Penyebabnya mungkin jari-jari terlalu dekat dengan fret gitar atau bisa juga karena terlalu jauh dengan fret (garis logam pada stang gitar). Potong pendek saja kuku di jari tangan kiri teman-teman selama latihan kunci dasar ini. Latihlah terus sampai kita membunyikan kunci gitarnya secara jernih.
  • Perpindahan antara kunci gitar atau chord terlalu lambat. Ini adalah hal yang wajar bagi pemula. Kita bisa terus melatih perpindahan chord dari satu chord ke chord yang lainnya, carilah posisi peletakan jari yang benar untuk memudahkan perpindahan chord. Kita juga melatih perpindahan chord dengan mencoba memainkan beberapa chord pada sebuah lagu. Nanti juga pasti terbiasa.
  • Ujung-ujung jari tangan kiri bisa sakit karena lecet, luka, pegal dan sebagainya. Teman-teman bisa beristirahat sejenak jika jarinya mulai sakit. Silahkan teman-teman baca juga tentang tips bermain gitar supaya jari tidak sakit.
Lalu bagaimana dengan tangan kanan?. Tangan kanan tentunya kita latih dengan teknik memetik atau menggenjreng yang disebut dengan struming. Sebelumnya teman-teman bisa baca dulu tentang Penomoran Jari Senar dan Fret Gitar. Memetik dengan ibu jari untuk senar bass seperti senar 6, 5 dan 4 kemudian gunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis untuk memetik senar selain bass seperti senar 1, 2, 3 atau mungkin juga senar 4. Berikut ini tablature dan video contoh latihan genjreng atau struming untuk kunci gitar dasar dengan tiga kunci gitar saja yaitu C, A minor dan E minor.

Tablature untuk Belajar Basic Strumming


Tablature Belajar Latihan Basic Strumming
Tablature Belajar Latihan Basic Strumming


Video Belajar Strumming Kunci Gitar Dasar untuk Pemula




Demikian tutorial singkat tentang Belajar 15 Kunci Gitar Dasar dan Latihan Strumming untuk Pemula, mudah-mudahan bermanfaat.

6 comments for "Belajar 15 Kunci Gitar Dasar dan Latihan Strumming untuk Pemula "

  1. mantab bang .. thanks tipsnya ..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya gan....
    salam kenal...

    ONLINE MUSIC ARRANGER
    www.musicarranger.id
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    ReplyDelete
  3. On progres learning,,semoga cepat bisa,,( kidal )

    ReplyDelete