Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penomoran Jari, Senar dan Fret dalam Bermain Gitar

Sebelum kita dapat melanjutkan ke tutorial bermain gitar sebaiknya kita harus memahami bagaimana cara menggunakan jari-jari tangan, letak senar (string) gitar dan fret gitar. Ini mungkin seperti hal yang sederhana, tetapi sangat penting bagi kita untuk mengetahui jari yang digunakan untuk menekan senar gitar pada posisi fret gitar. Karena biasanya tutorial-tutorial yang ada selalu menjelaskannya dengan dasar jari dan letak fret ini.

Berbicara tentang penggunaan jari-jari tangan yang dimaksud adalah jari tangan yang memegang stang gitar dan digunakan untuk menekan senar gitar di atas fret gitar. Perhatikan gambar di bawah ini.

Penomoran Jari untuk Bermain Gitar
Penomoran Jari untuk Bermain Gitar

Berikutnya adalah sistem penomoran untuk senar gitar. Ini adalah kebalikan dari apa yang mungkin Anda pikir. Kebanyakan orang berpikir bahwa senar (string) yang tebal adalah senar pertama. Hal ini justru sebaliknya, dalam tutorial gitar senar gitar yang tertipis adalah string pertama. String kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam mengikuti dari sana. Silahkan perhatikan gambr urutan nomor senar (string) gitar di bawah ini.
Penomoran Senar (String) Gitar
Penomoran Senar (String) Gitar

Frets adalah strip logam yang dipasang di fretboard atau stang gitar. Penomorannya yaitu fret terdekat dengan headstock gitar adalah fret 1. Jika Anda meletakkan jari Anda tepat di belakang fret ini Anda akan bermain di fret 1 gitar. Memindahkan jari dari satu fret dan memindahkannya ke fret kedua dan seterusnya. Silahkan lihat gambar di bawah ini.


Demikian 

Post a Comment for "Penomoran Jari, Senar dan Fret dalam Bermain Gitar"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: