Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Jari dalam Bermain Gitar Supaya Tidak Sakit atau Luka

Posisi Jari dalam Bermain Gitar
Posisi Jari dalam Bermain Gitar
Hai, halo teman-teman. Pada awal-awal belajar gitar biasanya kita merasakan sakit di jari-jari tangankita terutama bagian ujungnya yang sering menekan atau memencet senar. Baik itu karena latihan memainkan chord atau pun melodi. Untuk bermain gitar dengan baik tentu saja kita harus melatih terus menekan senar dengan posisi jari yang tepat di atas fretboard gitar untuk menghasilkan suara yang bulan dan jernih. Dan ini sering membuat jari tangan kita pegal, panas, sakit karena lecet.

Ada beberapa tips buat teman-teman untuk mencegah dan merawat jari tangan kita supaya tidak sakit atau luka pada saat berlatih atau belajar. Selain pemilihan senar yang cocok untuk jari tangan ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam merawat jari tangan, ini penting karena jari tangan adalah organ tubuh kita yang terpenting dalam bermain gitar yang harus dijaga kesehatannya dan terhindar dari luka.

Supaya tulisan ini tidak terkesan terlalu panjang, Chordsmain menyajikannya dalam tampilan yang bisa di-scroll. Berikut ini tips Cara Merawat Jari dalam Bermain Gitar Supaya Tidak Sakit atau Luka.



Jadi untuk merawat jari tangan kita terhindar dari sakit dan luka karena tidak tahan dan kalah dengan senar gitar, ada 4 tips yang perlu kita lakukan yaitu:

  1. Hindari berlatih atau bermain gitar saat tangan basah
  2. Ganti dan bersihkan senar secara berkala
  3. Berlatihlah secara teratur dan terjadwal
  4. Hindari menyentuh benda panas terlalu lama

Untuk pemilihan senar gitar teman-teman bisa pilih jenis senar nylon jika menginginkan jari kita lebih aman dari luka, tapi memang sebagai pemain gitar kita juga harus melatih jari kita supaya tahan dan kuat memainkan senar kawat. Dan untuk pemilihannya, silahkan teman-teman lihat Beberapa Merek Senar Gitar yang Bagus dan cocok untuk gitar akustik.

Atau teman-teman bisa lakukan trik dengan menyetem gitar pada tuning atau stelan senar gitar lebih rendah dari standar sehingga senar lebih kendor dan empuk untuk ditekan. Hanya saja nada yang dihasilkan lebih rendah dan perlu penyesuaian dalam memainkan kunci gitar atau chord. Tapi ini tidak ada salahnya, malah mungkin kita jadi bisa lebih melatih feeling pendengaran kita tentang menaikan atau menurunkan nada atau chord.

Demikian tips Cara Merawat Jari dalam Bermain Gitar Supaya Tidak Sakit atau Luka. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat berlatih.

2 comments for "Cara Merawat Jari dalam Bermain Gitar Supaya Tidak Sakit atau Luka"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: