Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memasang atau Mengganti Senar Gitar Akustik

Memasang atau Mengganti Senar Gitar
Hai, teman Chordsmain. Ada sedikit info tentang Tips Cara Memasang atau Mengganti Senar Gitar Akustik yang mungkin bisa bermanfaat terutama bagi kita sebagai pemain gitar pemula yaitu menggetahui apa saja yang harus kita lakukan pada saat harus memasang senar gitar atau mengganti senar gitar yang putus dan rusak. 

Dan perlu dicatat bahwa mengganti dan memasang senar adalah mudah sekali tapi kita harus melakukannya dengan teknik yang benar jangan sampai merusak gitar itu sendiri.

Tips Cara Memasang atau Mengganti Senar Gitar Akustik:


Memilih Senar yang Cocok untuk Gitar Akustik; ada beberapa faktor yang bisa kita pertimbangkan untuk memilih senar gitar yang bagus dan cocok untuk kebutuhan gitar akustik dan kenyamanan kita dalam memainkannya.
  • Merek Senar/String; ada beberapa merek senar gitar yang bagus seperti D'Addario, Elixir, Ernie Ball dan lain-lain. Untuk mengetahui mana yang cocok memang sedikit suslit karena kita perlu mencobanya satu-satu atau mungkin cara lainnya kita bisa mencari referensi senar apa yang cocok untuk jenis gitar yang kita miliki baik itu dari informasi di internet atau berdasar pengalaman teman lain yang kebetulan menggunakan merek senar tertentu untuk gitarnya.
  • Bahan Senar/String; kita bisa memilih senar nilon / nylon terbaik untuk gitar klasik atau senar steel untu gitar akustik lainnya. 
  • Tipe Lilitan Senar;  ada dua tipe lilitan senar yaitu Roundwound yaitu lilitan yang membalut senar secara melingkar ini biasanya mempunyai karakter sound yang lebih bright tapi kadang menimbulkan noise yang berlebihan. Tipe Flatwound biasanya menghasilkan suara yang tidak terlalu keras tapi hampir tidak menghasilkan noise.
  • String Gauge; kita bisa memilih berapa diameter senar gitar. Biasanya kalau kita membeli satu set senar gitar di dalamnya ada senar 1 sampai 6 dengan diameter 0,10 - 0,42 inchi. Ada dua macam string gauge yang bisa kita pilih dan biasanya tertulis pada kemasan senar gitarnya yaitu Light String Set cocok untuk pemula karena kelenturannya tidak membuat jari tangan cepat lelah atau sakit. Heavier Set cocok untuk pemain yang sudah mulai terbiasa dengan senar yang agak berat, tapi menginginkan sound yang lebih bagus untuk gitarnya.
Mengganti Senar Gitar
Mengganti Senar Gitar
Mengganti Senar Gitar
  • Buka dan lepas semua senar lama pada gitar, atau bisa juga untuk pemula melepas dan menggantinya satu persatu untuk memudahkan penyeteman/tuning ulang senar gitar. Ada yang mengatakan kalau kita lepas semua senarnya pada saat menggati bisa menyebabkan stang gitar bengkok, tapi ini hanya terjadi pada gitar-gitar yang memang kualitasnya kurang bagus. Harusnya untuk gitar yang bagus tidak ada masalah ketika senar dilepas semua pada saat ganti senar baru.
  • Bersihkan stang gitar, fret dan permukaan fretboad karena inilah saat yang pas membersihkannya ketika tidak ada senar yang terpasang.
  • Memasang semua senar ke bridge gitar, biasanya bisa kita masukan langsung atau ada juga yang menggunakan pasak dan memasangnya. Ini tergantung jenis gitar akustik yang kita miliki.
  • Memasang ujung senar ke lubang machine head yaitu lubang pada pemutar atau tuning keys. Setelah masuk lengkungkan ujung senar dan lilitkan kebawah lalu putar tuning keys-nya.

Memasang Senar Gitar

  • Potong ujung-ujung senar gitar jika ternyata sisa dari lilitan pada pemutar tuning key terlalu panjang. Kita bisa potong senarnya dengan menggunakan tang pemotong kawat.

Memutar dan Memotong Senar Gitar

  • Lakukan penyeteman ulang atau tuning gitar dengan baik dan benar.Silahkan lihat juga tutorial Cara Stem atau Tuning Gitar
  • Cuci tangan setelah melakukan penggantian dan pemasangan senar gitar.
Demikian Tips Cara Memasang atau Mengganti Senar Gitar Akustik, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

1 comment for "Tips Cara Memasang atau Mengganti Senar Gitar Akustik"