Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Bermain Chord Gitar dalam Tuning Drop D

Belajar Chord Gitar untuk Tuning Drop D
Belajar Chord Gitar untuk Tuning Drop D
Hai, teman Chordsmain. Kali ini ada sedikit Tips Bermain Chord Gitar dalam Tuning Drop D. Seperti kita ketahui tuning Drop D (DADGBE) adalah tuning alternate atau altered yang sering digunakan dalam permainan gitar rock, metal, atau dalam gitar fingerstyle (untuk mempermudah jangkauan penjarian).

Salah satu hal yang membuat beberapa pemain gitar pemula malas untuk mencoba atau bereksperimen menggunakan tuning yang bukan standar adalah malas atau tidak bisa melakukan penyeteman, dan kalau pun bisa melakukan penyeteman atau tuning senar gitar, ada masalah lain yaitu merasa kalau menggunakan tuning bukan standar misalnya Drop D maka memainkan chord pun menjadi bermasalah, bingung karena ada satu senar yang nadanya turun. Padahal kalau dicoba misalnya menggunakan tuning Drop D, kita akan mendapatkan pengalaman baru dalam nuansa suara permainan gitar kita. Jadi jangan ragu untuk mencobanya. Dari beberapa pengalaman, tuning Drop D adalah tuning alternate yang cocok untuk dipelajari pertama kali oleh pemain gitar pemula.

Melakukan penyetemannya pun mudah sekali, yaitu hanya menurunkan satu nada lebih rendah pada senar 6 (senar bass paling atas) dari nada E menjadi D. Samakan saja nadanya dengan senar 4. Mudah bukan?.

Setelah melakukan steman atau tuning Drop D, coba petik semua senar dan rasakan perbedaanya dengan steman standar yang sering kita gunakan sebelumnya (EADGBE). 

Perlu diketahui bahwa setiap chord yang biasa kita mainkan pada senar 4 atau 5 (tuning standar) seperti C, A, Am, Bm, dan lain-lain semuanya tidak perlu kita ubah atau modifikasi. Jadi kalau teman-teman mau memainkan chord dengan root bass di senar 4 atau 5, chord biasa sudah bisa kita mainkan. Sederhana bukan?

Yang perlu dicatat dalam memainkan chord pada tuning Drop D adalah hanya pada saat kita memainkan chord yang menggunakan senar 6. Kalau biasanya kita memainkan chord Em dengan senar dilepas (open string), pada tuning Drop D, hasilnya adalah chord D. Chord Em jika kita mainkan di senar 6 berada di fret ke 2.

Chord E pada Tuning Drop D
Chord E pada Tuning Drop D

Untuk memastikannya, teman-teman bisa lihat langsung pada gambar-gambar chord gitar untuk tuning Drop D di bawah ini (klik pop-out untuk mendownload atau print). Perbedaan dengan chord di tuning standar hanya sedikit saja.

Post a Comment for "Tips Bermain Chord Gitar dalam Tuning Drop D"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: