Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menyetem Gitar Sambil Melatih Feeling Tanpa Tuner

Dari banyak pertanyaan teman-teman tentang bagaimana cara tuning atau menyetem senar gitar dapat disimpulkan bahwa sebenarnya bagian yang paling susah adalah mengenal suara standar dari senar gitar menurut urutannya. Tetapi jangan khawatir, Chordsmain mengajak anda untuk belajar cara melakukan tuning atau stem gitar secara manual dengan mengikuti beberapa langkah berikut. Pertama-tama silahkan perhatikan gambar berikut.
Cara Menyetem Gitar Sambil Melatih Feeling Tanpa Tuner
Cara Menyetem Gitar Sambil Melatih Feeling Tanpa Tuner

Stem senar ke 1 dulu (senar paling bawah / yang paling tipis), sesuaikan dengan feeling anda tapi disarankan jangan terlalu kendur. Nada pada senar 1 ini standarnya menghasilkan suara senar E tinggi.

Setelah menurut kalian pas, kemudian tekan fret ke 5 pada senar ke 2 dan bunyikan. Samakan bunyinya dengan senar ke 1 tapi senar ke 1 tidak ditekan pada fret apapun. Nada pada senar 2 ini standarnya menghasilkan suara senar B tinggi.

Dilanjut dengan menekan fret ke 4 pada senar ke 3 dan dibunyikan. Samakan dengan senar ke 2 tapi senar ke 2 tidak ditekan pada fret apapun. Nada pada senar 3 ini standarnya menghasilkan suara senar G tinggi.

Kemudian tekan fret ke 5 pada senar ke 4 dan dibunyikan. Samakan dengan senar ke 3 tapi senar ke 3 tidak ditekan pada fret apapun. Nada pada senar 4 ini standarnya menghasilkan suara senar D.

Setelah itu tekan fret ke 5 pada senar ke 5 lalu bunyikan. Samakan suaranya dengan senar ke 4 tapi senar ke 4 tidak ditekan pada fret apapun. Nada pada senar 5 ini standarnya menghasilkan suara senar A.

Setelah itu tekan fret ke 5 pada senar ke 6 (senar paling atas / yang paling tebal) dan bunyikan. Samakan suaranya dengan senar ke 5 tetapi senar ke 5 tidak ditekan pada fret apapun. Nada pada senar 6 ini standarnya menghasilkan suara senar E rendah, lebih rendah 2 oktav dari nada E di senar 1.

Jika kesulitan memperkirakan suara senar gitar pada awal-awal latihan menyetem gitar, disarankan untuk melatih feeling nada dengan pendengaran sesering mungkin, di blog Chordsmain ini anda bisa coba play suara chord misalnya suara dari chord E sebagai acuan nada untuk senar 1 atau senar 6. Lebih jelasnya silahkan klik di sini.

Demikian tutorial belajar gitar tentang Cara Mudah Menyetem Gitar Sambil Melatih Feeling Tanpa Tuner. Mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Menyetem Gitar Sambil Melatih Feeling Tanpa Tuner"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: