Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berlatih Gitar Supaya Cepat dan Mudah dalam Berpindah Chord

Pada awal-awal belajar gitar, biasanya beberapa teman mengalami kesulitan dalam perpindahan chord. Dan menanyakan bagaimana cara memindahkan jari-jari tangan dari satu chord ke chord yang lain. Dari pengalaman ini, menurut Chordsmain tidak ada hubungan antara kesulitan teman-teman dalam perpindahan chord gitar dengan cepat, dengan seberapa panjang atau pendeknya jari-jari tangan, bahkan tidak ada hubungannya dengan cara atau posisi duduk saat memegang gitar.

Seringkali  teman-teman yang memulai belajar gitar mengalami hambatan dan putus asa setelah mencoba beberapa kali pada saat tangan terasa sakit, bahkan akhirnya menjadi patah semangat. Dan ini yang sebenarnya jadi masalah. Jadi mulai sekarang jangan ada kata menyerah, lanjutkan latihannya, teruskan latihannya. Siapa pun pasti bisa bermain gitar dengan baik hanya dengan latihan.

Kali ini Chormain ingin berbagi tips sederhana untuk melakukan latihan perpindahan chord dengan mudah.
Pilihlah dua chord yang anda tahu contohnya yang paling mudah kord C Major dan G Major, mainkan bergantian masing-masing 8 ketukan, istilahnya 8 strum, ke bawah (down stroke) dan ke atas (up stroke)

Latihan Perpindahan Chord Gitar dengan Chord C Major dan G Major
Latihan Perpindahan Chord Gitar dengan Chord C Major dan G Major

Latihlah  chord diatas secara bergantian, dan lakukan perpindahan kord secara cepat, jika jari-jari masih terasa kaku cobalah pindahkan secara perlahan dulu, jaga temponya agar tetap konstan, alat untuk membantu menjaga tempo ini biasanya digunakan metronome, jika anda punya ini lebih baik. Terus lakukan latihan perpindahan chord dan setiap kali perpindahan chord diusahakan untuk semakin dipercepat jari tangan anda berpindah.

Lakukan latihan yang sama dengan memilih chord-chord lain setelah anda lancar dengan latihan diatas. Silahkan lihat beberapa contoh chord yang mudah di diagram chord gitar.

Jika dengan latihan di atas anda masih merasa kesulitan melakukan perpindahan antar chord, berhentilah memetiknya dan lakukan perpindahan chord tanpa memetik senar atau gitar tidak dibunyikan, perhatikan jari-jari pada saat perpindahan dan pada saat jari menekan senar pada fret gitar dalam satu chord. Lalu berpindahlah ke chord berikutnya masih tanpa memetik, amati jari mana yang harus mendarat duluan pada saat anda berganti chord, lakukanlah latihan ini berulang-ulang, semakin lama semakin cepat, dengan catatan masih dalam keadaan gitar tidak dipetik atau digenjreng. Untuk panduan penggunaan jari pada fret gitar saat menekan senar, anda bisa baca tutorial Penomoran Jari, Senar dan Fret pada Gitar, supaya lebih terarah.

osisi Jari dalam Latihan Perpindahan Chord dengan Chord C Major dan G Major
Posisi Jari dalam Latihan Perpindahan Chord dengan Chord C Major dan G Major
Biasanya sering terjadi salah satu atau beberapa jari-jari anda akan terasa sakit dan kaku, atau tidak pas menekan senar pada fret, atau malah terlalu mengambang pada senar, sehingga menghasilkan bunyi chord terdengar fals atau malah muted, ini wajar dalam latihan gitar bukan karena anda kurang berbakat, tetapi karena anda belum terbiasa.

Demikian tutorial belajar gitar tentang Cara Berlatih Gitar Supaya Cepat dan Mudah dalam Berpindah Chord, mudah-mudahan membantu dan bermanfaat.

1 comment for "Cara Berlatih Gitar Supaya Cepat dan Mudah dalam Berpindah Chord"