Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Memainkan Chords Progression Gitar

Pada tutorial belajar gitar kali ini Chordsmain mengajak anda untuk belajar lebih dalam tentang pemahaman hubungan dari berbagai cord yang membentuk sebuah lagu yang disebut  Progresi Kord (Chords Progression)

Chord Progression adalah kombinasi dari beberapa chord yang dimainkan bersama-sama untuk membuat sebuah lagu. Silahkan perhatikan contoh chords progression sederhana untuk latihan anda, di bawah ini.

Belajar Memainkan Chords Progression C Am F G
Belajar Memainkan Chords Progression C Am F G

Anda dapat memainkannya dengan pola ketukan seperti di bawah ini.

C              Am           F              G

1  2  3  4  1  2  3  4   1  2  3  4  1  2  3  4

Coba mainkan semua chord diatas dengan cara  petik (strum) ke bawah (down stroke), strum chord masing-masing 4 ketukan (4/4) untuk setiap cord, mainkan secara perlahan sampai chord benar-benar terdengar bersih (clean).

Lakukan latihan chord progression di atas dengan ketukan kaki anda, setiap cord dimainkan empat ketukan, atau jika memungkinkan disarankan gunakan Metronome untuk mengatur tempo.

Melakukan strum ke arah bawah (down stroke)  artinya anda memetik senar gitar dari atas mulai dari senar yang tebal ke bawah sampai senar yang tipis, dan dibunyikan secara sekaligus.

Setelah anda menguasai contoh latihan chord progression di atas, anda bisa melakukan latihan yang sama dengan contoh chord progression yang lain. Misalnya G Em C D atau yang lainnya. Atau mungkin anda bisa mengubah urutan chord progression latihan di atas dengan alternative progression seperti di bawah ini.

Main Progression: Am - F - C - G



Alternative: 

F - Dm - Am - Em



Em - C - G - D



Dm - Bb - F - C



Silahkan buka contoh-contoh chords progression yang lain anda anggap mudah untuk latihan, di bawah ini:

Demikian tutorial belajar gitar tentang Belajar Memainkan Chords Progression Gitar, dengan tujuan anda bisa memahami bagaimana sebuah lagu dibentuk atau diiringi oleh beberapa chord. Tutorial ini berhubungan erat dengan Cara Mencari Kunci Gitar dan Menentukan Chord Dasar pada Sebuah Lagu. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Belajar Memainkan Chords Progression Gitar"