Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Kunci Gitar dan Menentukan Chord Dasar pada Lagu

Hai, kali ini Chordsmain ingin mengajak anda membahas cara mencari kunci gitar pada sebuah lagu yang anda sukai. Dari beberapa pertanyaan teman-teman Chordsmain, biasanya mereka langsung menanyakan seperti "lagu ini kunci gitarnya apa aja ya?" atau "ada yang tau kord gitarnya lagu ini ga?". Ya seputar itulah yang akan kita bahas di sini.

Untuk memainkan chord-chord gitar pada lagu yang anda sukai memang sebelumnya anda harus berlatih dan menguasai beberapa chord minimal yang dasarnya dulu. Anda bisa lihat di diagram chord di halaman depan Chordsmain kalau anda lupa bentuk chordnya.

Pada sebuah lagu biasanya ada yang disebut dengan chord dasar. Untuk menentukan chord dasar, kita bisa coba dengan mendengarkan lagu dan menyamakan suara chord gitar dengan cara sedikit menguliknya. Ini memang butuh latihan. Ketika kita menemukan misalnya sebuah lagu dimulai dengan chord A Minor, dari situ sebenarnya kita bisa memperkirakan atau menebak untuk menentukan chord dasar lagu itu apa.

Oke, Chordsmain anggap anda menemukan lagu itu menggunakan chord mulai dari Am terus ke C lalu ke F kemudian ke G. Dari sini kita bisa menebak chord dasar lagu tersebut adalah C atau C Major. Dari mana ini bisa ditentukan?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tangga nada mayor yang berisi 7 nada (do-re-mi-fa-sol-la-si) dengan aturan jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Kali ini Chordsmain akan menggunakan contoh tangga nada C major yang terdiri dari nada C-D-E-F-G-A-B. Anda dapat melihat ini adalah urutan nada-nada dalam tangga nada C major. Dari tangga nada C major tadi kita dapatkan chord C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim. Lalu pertanyaannya bagaimana kalau kita ingin memainkannya dalam chord?

Dalam tutorial ini, Chordsmain belum membahas secara mendetail tentang bagaimana aturan sebuah chord major, chord minor, dan chord diminished itu dibentuk tapi lebih menekankan bagaimana anda bisa membandingkan dari tangga nada major scale tadi diterapkan dalam chord.

Bila anda melihat nada 1, 4, 5 dalam tangga nada C major tadi berubah menghasilkan chord major sementara nada 2, 3, 6 menghasilkan chord minor dan nada 7 menjadi chord diminished. Sekali lagi karena kita hanya perlu tahu chord dasar sebuah lagu dari beberapa chord sebuah lagu. Bagaimana perubahan itu bisa terjadi akan kita bahas di tutorial berikutnya.

Bila kita sudah tahu dengan nada dasar C kita punya chord C, Dm, Em, F,G, Am, dan Bdim dengan cara yang sama kita dapat mengetahui juga chord berdasarkan nada dasar yang lain.

Mencari Kunci Gitar dan Menentukan Chord Dasar pada Lagu
Mencari Kunci Gitar dan Menentukan Chord Dasar pada Lagu

Lebih lengkapnya, silahkan anda lihat semua chord progression dan alternatifnya pada setiap chord. Chordmain menyajikannya dengan dilengkapi suara/sound masing-masing chord dengan men-klik tombol play di atas gambar chord.

Demikian tutorial belajar gitar tentang Cara Mencari Kunci Gitar dan Menentukan Chord Dasar pada Lagu. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat. Selamat Berlatih.

1 comment for "Cara Mencari Kunci Gitar dan Menentukan Chord Dasar pada Lagu"

  1. thanks gan buat infonya!! saya akan coba semaksimal mungkin :)
    oh iyah gan jangan lupa juga kunjungi yah http://www.rajalistrik.com/ mudah2an sangat bermanfaat buat agan

    ReplyDelete

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: