Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Chord Penting untuk Bermain Gitar Jazz Akustik

Belajar Chord Gitar Jazz
Belajar Chord Gitar Jazz
Hai, teman Chordsmain. Berikut ini ada 17 Chord Penting untuk Bermain Gitar Jazz Akustik, mudah-mudahan bisa menambah wawasan teori bermain gitar terutama dalam memainkan gitar untuk jazz. 17 Chord Penting ini memang disarankan untuk dilatih dan dikuasai jika teman-teman ingin bisa bermain gitar untuk jazz. Chord-chord inilah yang biasanya dipelajari pertama kali oleh para pemain gitar jazz.

Sebagai panduan untuk memudahkan cara mempelajari chord gitar jazz ini, pada gambar kita buat titik bulatan biru dengan angka 1 yang menunjukan senar bass note atau root chordnya. Coba perhatikan contoh di bawah ini.

Bulatan Biru Sebagai Root Note
Bulatan Biru Sebagai Root Note
Jadi jika chord dengan bentuk yang sama di fret 2 yaitu Cmaj7 kita geser ke fret 4 (2 fret lebih tinggi) adalah chord Dmaj7. Angka 3, 5, 7 dalam bulatan adalah chord tone yang membangun sebuah chord maj7 (formula chord).

Dari bentuk chord maj7 di atas kita bisa dengan mudah memindahkan satu note saja, maka kita bisa membentuk chord 7th dan m7. Kita  bisa melatih dan menghapalnya untuk memudahkan pembentukan chord pada saat bermain gitar.

Merubah 1 Note dari Maj7 ke 7th dan m7
Merubah 1 Note dari Maj7 ke 7th dan m7

Cara yang paling menyenangkan dan efektif untuk belajar chord atau kunci gitar adalah dengan memainkan chord progression. Kita akan coba latihan memainkan chord progression untuk jazz, tapi sebelumnya berikut ini 17 chord penting yang harus dipelajari untuk bermain gitar jazz.

Root Note pada Senar 6
Chord Jazz Root Note pada Senar 6
Chord Jazz Root Note pada Senar 6

Root Note pada Senar 5

Chord Jazz Root Note pada Senar 5
Chord Jazz Root Note pada Senar 5


Root Note pada Senar 4

Chord Jazz Root Note pada Senar 4
Chord Jazz Root Note pada Senar 4



Contoh audio latihan chord progression gitar jazz dengan beberapa chord pada gambar di atas. Kita bisa coba latih perpindahan chord-chord untuk gitar jazz tersebut sambil membiasakan diri membaca tablature gitarnya. Selamat berlatih.


Latihan Chord Progression Gitar Jazz
Latihan Chord Progression Gitar Jazz

Demikian cara belajar 17 Chord Penting untuk Bermain Gitar Jazz Akustik. Semoga bermanfaat.

Lihat juga beberapa rekomendasi untuk belajar gitar jazz di marketplace, klik link di bawah ini.

2 comments for "17 Chord Penting untuk Bermain Gitar Jazz Akustik"