Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Gitar untuk Pemula di Sosial Media

Belajar Gitar untuk Pemula di Sosial Media
Belajar Gitar untuk Pemula di Sosial Media
Beberapa bulan ini Chordsmain mengamati dan aktif di beberapa group Belajar Gitar di sosial media khususnya Facebook. Kegiatan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau hobi yang sama memang menyenangkan. Mulai dari sharing informasi, atau berbagi pengalaman dan tips bermain gitar atau belajar gitar dengan berbagai macam perilaku dan kebiasaan orang-orang dalam mem-posting dan berkomentar dalam group sosial media tersebut.

Ada beberapa pengalaman yang Chordsmain dapatkan dari group-group belajar gitar di Facebook yang mungkin dialami juga oleh teman-teman yang pernah atau sedang bergabung di salah satu group atau komunitas belajar gitar. Dari sisi positifnya, dengan aktif di group belajar gitar ini kita bisa memperoleh bermacam-macam informasi dari banyak orang atau member yang memunculkan topik diskusi tentang belajar gitar dan kita bisa berinteraksi dengan berkomentar sambil berbagi pengalaman atau memberikan solusi jika memang member lain mengajukan pertanyaan tentang belajar gitar. Beberapa member mungkin bisa saling kontak jika memang mereka menginginkannya untuk lebih lanjut berdiskusi tentang belajar gitar.

Namun bukan hanya yang positifnya saja yang kita dapatkan pada saat kita masuk dan berinteraksi di group sosial media ini. Dari yang Chordsmain lihat, beberapa group belajar gitar di Facebook ini sering tidak terkontrol dalam hal etika bersosial media atau berinternet. Sering sekali group ini dimanfaatkan untuk memposting link aktif dengan maksud komersial atau mengajak member untuk membuka alamat website tertentu dan ini sebenarnya cukup menggangu apa lagi tidak ada hubungannya dengan topik yang di bahas di group. Tidak jarang beberapa orang member menggunakan kata-kata yang tidak sopan, menggunakan bahasa kasar, saling bully, SARA, meng-upload konten yang berhubungan dengan pornografi dan hal negatif lainnya. Ini mungkin disebabkan oleh kurangnya kontrol dari si pembuat group dalam mem-filter posting yang masuk dan admin group ini menyeting langsung posting dari semua member yang begitu banyak jumlahnya (ada yang lebih dari 40 ribu member dan akan terus bertambah setiap harinya). Sulit sekali memang, ini memerlukan banyak waktu luang bagi admin group untuk memeriksa semua posting yang di luar topik group atau melanggar peraturan tata tertib group.

Jadi buat teman-teman yang sedang terus belajar gitar dan aktif mencari informasi dan referensi tentang belajar gitar Chordsmain berharap kita harus bisa menggunakan semua fasilitas internet ini dengan bijaksana tentunya untuk kebaikan kita semua. Karena jika ini diabaikan, group atau diskusi komunitas belajar gitar di sosial media malah akan menjadi tidak efektif dan buang-buang waktu saja. Karena pada intinya metode atau cara belajar gitar yang baik itu adalah dengan memahami teori dasar musik (meskipun belajar gitar secara mandiri atau belajar gitar otodidak) untuk menunjang dalam kegiatan berlatih bermain gitar, lebih bagus lagi jika kita belajar kepada orang yang memang ahli dalam bermain musik khususnya gitar. Ditambah dengan referensi atau informasi-informasi yang bisa memperkaya kemampuan kita dalam bermain gitar.

Demikian tulisan tentang Positif Negatifnya Belajar Gitar di Internet dengan Memanfaatkan Group Belajar Gitar di Sosial Media. Mudah-mudahan memberi gambaran yang positif bagi teman-teman semua.

Post a Comment for "Belajar Gitar untuk Pemula di Sosial Media"