Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Gitar Yamaha APX dan CPX Akustik Elektrik

Perbedaan Gitar Yamaha APX dan CPX
Yamaha APX/CPX Series
Hai teman Chordsmain. Kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Gitar Yamaha APX dan CPX Akustik Elektrik. Apa sih yang membedakan kedua gitar ini? karena dari tampilannya memang mirip dan agak susah dibedakan. Kalau ada temen-teman yang mengatakan, oh ini lho bedanya kalau gitar Yamaha APX itu di bagian lubang gitarnya (soundhole)  bentuknya opal, kalau yang Yamaha CPX soundhole-nya lingkaran. Dari perbedaan lubang gitar atau soundhole-nya ini memang benar. Teman-teman bisa lihat sendiri perbedaanya di gambarnya. 

Tapi memang agak susah membedakannya, karena sebenarnya untuk memilih gitar mana yang lebih bagus diantara Yamaha APX dan CPX tentunya kita harus mencobanya sendiri mana yang lebih cocok dengan kita. Tapi sebelum mencobanya langsung, berikut ini ada document tentang Gitar Yamaha APX dan Yamaha CPX, teman-teman bisa download langsung dari link ini Yamaha APX/CPX Series, tentang Perbedaan Gitar Yamaha APX dan CPX Akustik Elektrik.



Dari katalog di atas, ada sekitar 4 tipe gitar Yamaha APX begitu juga Yamaha CPX. Sebenarnya kita bisa lihat apa saja yang membedakanya dengan melihat keterangan di spesifikasi masing-masing gitar, tapi agak sulit memang membedakannya karena mirip sekali. Bahkan preamp yang mereka gunakan sama semuanya.

Ada beberapa rekomendasi dari teman-teman di diskusi group facebook Indonesian Fingerstyle Guitar Community tentang pengalaman mencoba memainkan kedua gitar ini. Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran tentang kedua gitar yang mirip ini. Berikut ini beberapa komentar tentang perbedaan gitar Yamaha APX dan CPX:

Mirza Chilman udah baca tentang gitarnya, tapi tetep gk bisa mutusin bgusan yg mana, rencana mau jual gitar listrik ane buat bli gitar CPX or APX ini, ada yg bsa ksih review mendalam?

Stanley Semiharja Mungkin kebanyakan org pengen tau review saat 2 gitar ini dimainin kali ya? Apx bagus dimainkan saat plugged(colok ampli), cpx cocok buat unplugged(ga colok ampli)
Kalo nanya perbedaan spesifikasi yabisa diliat di link tadi, kalo ada istilah macam2 jenis kayu dll yang gangerti biasanya di google banyak coba disearch, gitu aja sih kayaknya 
Kalo nanya perbedaan spesifikasi yabisa diliat di link tadi, kalo ada istilah macam2 jenis kayu dll yang gangerti biasanya di google banyak coba disearch,gitu aja sih kayaknya

Wijil Tri Prabowo kalo sama sama plugged bagus yang mana yah ??

Rizki S Fikri kalo ane sih cocok pake CPX daripada APX

Muhamad Irfan masalah pick up dan DI BOX

Sonny Arifin itu gitar berapaan bang harganya?

Reza Husein RezAkustik contoh sound dari gitar yamaha CPX bisa dilihat divideo ane gan = 
Kisah Romantis - Glenn Fredly (Fingerstyle Guitar) 


Hasan Mahmud sharing aja nih, ini ilmu dari gath jogja kemaren.
Soal gitar, kita perlu kenali karakter gitar yang kita pake, kek gimana suaranya, apakah suaranya tebel, atau bright. Naah hubungannya sama APX atau CPX, memang APX sedikit lebih bagus kalo Plugged, da
n CPX lebih clean unplugged. Mengenali karakter gitar, bisa dilakukan dengan memainkannya dalam posisi unplugged. 
Jadi INTINYA, posisi unplugged CPX suaranya lebih bright, APX cenderung mendam, kalo urusan Plugged, itu bisa diakalin laah  
CMIIW Suhu
Mudah-mudahan pembahasan tentang Perbedaan Gitar Yamaha APX dan CPX Akustik Elektrik ini bisa bermanfaat dalam kegiatan belajar gitar akustik teman-teman. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan di artikel ini. Selamat berlatih gitar.

1 comment for "Perbedaan Gitar Yamaha APX dan CPX Akustik Elektrik"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: