Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berlatih Bermain Gitar Tanpa Melihat Chord

Cara Berlatih Bermain Gitar Tanpa Melihat Chord
Cara Berlatih Bermain Gitar Tanpa Melihat Chord
Pasti teman-teman sudah sering melihat pemain gitar yang sudah mahir memainkan gitarnya tanpa melihat tangannya waktu berpindah-pindah chord. Bahkan sambil bermain gitar dia juga sambil bernyanyi. Terlihat seperti begitu mudahnya bermain gitar tanpa harus melihat chord. Padahal keahlian yang mahir dalam bermain gitar ini tentu saja hasil dari latihan-latihan secara baik dan benar dan membutuhkan waktu.

Dan kali ini Chordsmain mengajak teman-teman untuk berlatih bermain gitar supaya bisa melakukannya tanpa harus melihat tangan yang menekan chord dan berpindah ke chord yang lainnya.

Beberapa langkah cara latihan di bawah ini mungkin bermanfaat bagi teman-teman semua:

Menguasai Chord Dasar
Untuk menguasai bentuk-bentuk chord dasar sebenarnya sudah sering kita bahas, misalnya pada Cara Mudah Belajar Kunci Gitar atau Chord untuk Pemula, atau melatih bentuk-bentuk chord dasar dan Melatih Cara Berpindah Chord. Penguasaan chord dasar ini penting sekali dalam memainkan semua lagu yang teman-teman suka.

Menghapal Chord Lagu
Selain menghapal lagu yang akan dimainkan, kita perlu juga menghapal chord apa saja yang digunakan pada lagu tersebut. Cara termudah menghapal chord lagu yaitu dengan menguasai materi chords progression yang akan memudahkan kita menebak kemana arah perpindahan chord selanjutnya. Selain itu kita perlu juga menguasai cara mencari kunci gitar chord lagu dan menentukan nada dasar yang digunakan pada sebuah lagu.

Latihan Memainkan Lagu dan Chord dengan Memejamkan Mata
Cobalah untuk memainkan semua chord lagu dengan cara memejamkan mata dan melatih fokus. Dengan memejamkan mata telinga kita pun lebih terlatih mendengarkan suara yang keluar dari gitar dan ini akan melatih feeling kita terhadap nada-nada yang dihasilkan dari chord lagu.

Latihan Bermain Gitar dalam Gelap
Cobalah untuk memainkan chord lagu dalam gelap, misalnya di kamar sendiri tanpa menyalakan lampu, mungkin ini akan lebih membantu teman-teman lebih fokus.

Latihan Bermain Gitar di Depan Cermin
Melakukan latihan memainkan gitar di depan cermin akan membantu kita untuk melihat diri kita pada saat memainkan gitar. Dengan melihat ke cermin kita bisa memperbaiki posisi duduk, posisi memegang gitar, bahkan memperbaiki posisi jari tangan pada saat menekan atau memainkan chord dengan baik. Ibaratnya cermin kita jadikan sebagai orang yang mengkritik sisi penampilan kita pada saat memainkan gitar.

Latihan Secara Rutin
Kunci dari semua keberhasilan pandai bermain gitar adalah latihan yang terarah, latihan yang dibarengi oleh semangat untuk bisa, tidak putus asa dan yang terpenting adalah kita harus senang melakukannya, maka latihan-latihan pun akan terasa ringan. Kita bisa rasakan sendiri hasil dari latihan dan kerja keras kita nantinya.

Mudah-mudahan tutorial bermain gitar akustik dasar untuk pemula tentang Cara Berlatih Bermain Gitar Tanpa Melihat Chord ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

1 comment for "Cara Berlatih Bermain Gitar Tanpa Melihat Chord"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: