Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menaikan dan Menurunkan Chord Gitar Lagu

Menaikan Menurunkan Chord Gitar
Menaikan Menurunkan Chord Gitar
Hai, teman Chordsmain. Kali ini kita ada tips Cara Mudah Menaikan dan Menurunkan Chord Gitar Lagu. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan saat mengiringi sebgauh lagu dengan gitar. Salah satunya disarankan kita untuk menguasai Chord Progression supaya kita paham perpindahan yang benar pada chord gitar dalam sebuah lagu dan nantinya kita akan lebih mudah membuat perkiraan kemana atau ke chord apa selanjutnya kita harus berpindah.

Selain itu, ada cara yang sederhana yang bisa kita gunakan untuk menaikan atau menurunkan nada atau chord pada lagu. Ini akan bermanfaat sebagai pola ketika kita mau mencari chord lagu, kunci gitar atau memainkan sebuah lagu tetapi suara vocal penyanyi ataupun melodinya harus dinaikan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Tabel perbandingan chord di bawah inilah yang bisa kita gunakan.

Tabel Perbandingan untuk Menaikan atau Menurunkan Chord Gitar pada Lagu


I
II
III
IV
V
VI
C
C
Dm
Em
F
G
Am
C#
C#
D#m
Fm
F#
G#
Bbm
D
D
Em
F#m
G
A
Bm
D#
D#
Fm
Gm
G#
Bb
Cm
E
E
F#m
G#m
A
B
C#m
F
F
Gm
Am
Bb
C
Dm
F#
F#
G#m
Bbm
B
C#
D#m
G
G
Am
Bm
C
D
Em
G#
G#
Bbm
Cm
C#
D#
Fm
A
A
Bm
C#m
D
E
F#m
Bb
Bb
Cm
Dm
D#
F
Gm
B
B
C#m
D#m
E
F#
G#m

Cara menggunakannya mudah sekali, sebagai contoh saja kita coba menurunkan chord sebuah lagu yang progressi-nya terdiri dari G - Em - C - Bm - Am - D. Jika teman-teman mau menaikan satu nada lebih tinggi maka kita bisa peroleh urutan chord gitarnya menjadi A - F#m - D - C#m - Bm - E. Untuk lebih jelasnya kita lihat proses manaikan chordnya pada tabel berikut yaitu kita mengambil baris chord G dan A.

G
G
Am
Bm
C
D
Em

A
A
Bm
C#m
D
E
F#m

G menjadi A, Em menjadi F#m, C menjadi D, Bm menjadi C#m, Am menjadi Bm dan D menjadi E. 

Jadi cara menggunakan atau membaca tabelnya, kita gunakan ke samping atau horizontal, maksudnya untuk melihat urutan chord dari kiri ke kanan. Dan jika ingin mengubah chord menjadi tinggi atau rendah seperti contoh di atas, kita melihatnya dari atas ke bawah. Menaikan dari G ke A berarti ke bawah, menurunkan dari A ke G berarti ke atas.

Gimana teman-teman, mudah ya?. Teman-teman bisa coba dengan menaikan atau menurunkan chord gitar dengan lagu yang teman-teman sukai. Demikian Cara Mudah Menaikan dan Menurunkan Chord Gitar Lagu, mudah-mudahan bermanfaat. Selamat berlatih.

1 comment for "Cara Mudah Menaikan dan Menurunkan Chord Gitar Lagu"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: