Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Bermain Gitar

Melatih Jari Tangan (Fingering)
Melatih Jari Tangan (Fingering)
Teknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Bermain Gitar ini adalah tutorial belajar gitar yang paling sering ditanyakan oleh teman-teman terutama yang sedang memulai belajar gitar untuk pemula.

Atau mungkin teman-teman malah sebenarnya sudah di tingkat lanjut dan sedang mencari tutorial belajar gitar yang membahas seputar: cara melatih jari tangan supaya cepat dalam berpindah chord atau kunci gitar, cara melatih kecepatan tangan kiri dan kanan dalam bermain melodi gitar akustik, 

Dengan mengunjungi Chordsmain, teman-teman akan mendapatkan banyak artikel atau tutorial tentang gitar secara lengkap di sini. Seperti tutorial tentang Cara Latihan Senam Jari atau Fingering,  yang sebenarnya sudah pernah ditulis di artikel sebelumnya, tutorial bermain gitar kali ini membahas juga tentang melatih jari-jari tangan dalam bermain gitar. Karena memang tangan dan jari kita harus tetap dalam kondisi yang prima untuk bisa bermain gitar dengan baik, apalagi teman-teman sedang fokus ke belajar atau melatih kecepatan jari tangan dalam bermain gitar sesuai dengan yang teman-teman targetkan ingin tempo secepat dan selihai apa teman-teman memainkannya. Tentunya teman-teman juga paham bahwa semuanya perlu latihan keras dan pantang menyerah. Merdeka ... hehehe.

Kenapa Chordsmain merasa perlu membagi tutorial-tutorial gitar ini bersama teman-teman?, jawabannya adalah Chordsmain ingin membantu teman-teman dalam belajar gitar secara online meskipun hanya dengan menyediakan beberapa konten seperti artikel atau tutorial belajar gitar ini.

Mungkin teman-teman termasuk orang yang ingin belajar gitar tapi tidak mau mengikuti kursus atau private gitar, karena  beberapa alasan seperti waktu yang  kurang fleksibel, apalagi jika teman-teman sibuk dengan aktifitas sehari-hari, biaya kursus atau private pun sebenarnya lumayan mahal, apalagi diajarkan dengan metode belajar yang lama, sulit menyesuaikan dan mengatur ritme cara belajar teman-teman sendiri guru pengajar kursus gitar. Nah, jika belajar gitar seperti dengan mengikuti kursus atau private kurang sesuai dengan teman-teman solusinya mungkin teman-teman bisa memilih belajar sendiri. Tapi belajar sendiripun banyak kesulitan dan kendalanya. Seperti kendala seperti tidak ada satupun teman yang bisa mengajari anda belajar gitar, buku-buku panduan belajar yang susah dipahami, buku panduan gitar untuk pemula biasanya kurang lengkap, bingung bagaimana untuk membagi waktu untuk belajar semua materi yang diberikan dan lebih parahnya lagi teman-teman bingung mau mulai belajar dari mana.

Dengan membaca beberapa tutorial belajar gitar di Chordsmain, teman-teman dipersilahkan untuk mengirim komentar, pertanyaan, kritik atau saran di setiap materi yang disajikan. Dengan demikian diharapkan teman-teman bisa lebih interaktif dalam belajar gitar bersama Chordsmain.

Pada tutorial ini Chordsmain mengajak teman-teman membahas tentang Teknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Bermain Gitar, yang nantinya akan bermanfaat sekali dalam kegiatan berlatih atau belajar gitar. Pada dasarnya latihan ini sebenarnya sama dengan latihan penjarian atau fingering dalam bermain gitar, hanya saja kita coba teknik lain yaitu dengan melatih posisi jari one fret per finger, teknik updown stroke, latihan dengan metode chord, metode chromatic, metode thrills yang merupakan gabungan teknik hammer on dan pull off.  Supaya tutorial atau materi belajar gitarnya tidak berkesan terlalu panjang, maka Chordsmain sajikan dalam bentuk atau tampilan yang bisa di-scroll oleh teman-teman. Silahkan lihat tutorial tentang Teknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Bermain Gitar.



Untuk melengkapi tutorial ini, Chordsmain berikan beberapa contoh video latihan dengan tampilan tablature gitar yang sengaja kita buat untuk belajar fingering, melodi gitar atau belajar scale gitar yang bisa kita gunakan untuk melatih kecepatan jari tangan. Silahkan teman-teman lihat video singkat berikut ini.

Video Tab Gitar untuk Latihan Fingering 1

Video Tab Gitar untuk Latihan Fingering 2


Video Tab Gitar untuk Latihan Fingering 3


Untuk video lainnya, silahkan teman-teman lihat di Playlist Tutorial Gitar (Basic) Chordsmain. Dan demikianlah tutorial Teknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Bermain Gitar, mudah-mudahan bisa membantu kegiatan latihan belajar gitar teman-teman semua, semoga bermanfaat. Salam :)

1 comment for "Teknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Bermain Gitar"

  1. mas/bang
    ane mw nanya nih ..
    gimana sih cara menyelaraskan/menyerasikan petikan dan ritem ??
    soalnya ane merasa susah disitu :D
    tolong ya mas/bang :)

    ReplyDelete

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: