Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mudah Menebak Kunci Gitar atau Chord Lagu

Pada saat kita belajar mengiringi sebuah lagu dengan gitar, tentunya kita harus mencari kunci gitar atau chord apa saja yang digunakan pada sebuah lagu. Ada beberapa cara untuk mencari chord lagu, misalnya dengan mengetahui nada dasarnya.

Pada tutorial belajar gitar kali ini Chordsmain mengajak teman-teman untuk melatih feeling atau perasaan atau pendengaran kita dalam latihan mencari atau menebak kunci atau chord lagu.

Untuk mempermudah latihan ini, silahkan lihat Tabel Kunci Gitar Dasar di bawah ini:

Tabel Kunci Dasar Gitar
Tabel Kunci Dasar Gitar
Cara menggunakan tabel di atas sangat mudah, kita tinggal menghapalkan 6 chord saja pada setiap kunci dasar. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

Dengarkan lagu yang ingin kita cari chordnya, cari nada pada awal lagu dengan menekan senar pada fret gitar. Sebagai gambaran perhatikan gambar fretboard di bawah ini.
Fretboard Gitar untuk Mencari Nada Dasar pada Lagu
Fretboard Gitar

Fretboard Gitar untuk Mencari Nada Dasar pada Lagu
Fretboard Gitar
Setelah kita dapatkan nada dasarnya, misalnya kita peroleh nada G, kita bisa mencoba memainkan lagu tersebut dari kunci dasar G, selanjutnya untuk perpindahan chord pada lagu kita bisa menebaknya dengan menggunakan Tabel Kunci Dasar di atas. Dari chord G, kita bisa menebak chord selanjutnya apakah berpindah ke chord D, C, Em, Am, Bm. Catatlah chordnya dengan menuliskannya pada lirik lagu yang sedang kita cari chordnya.

Bagaimana teman-teman mudah sekali bukan. Ini akan membantu kita untuk terbiasa mencari chord lagu dengan mudah hanya dengan mengandalkan feeling atau perasaan dan pendengaran kita. Pada dasarnya semua teknik gitar akan dapat kita kuasai dengan mudah setelah melalui latihan yang baik dan benar dan dilakukan secara menyenangkan. Teman-teman semua pasti bisa melakukannya. Semangat. :)

Demikian tutorial belajar gitar tentang Tips Cara Mudah Menebak Kunci Gitar atau Chord Lagu. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat.

1 comment for "Tips Cara Mudah Menebak Kunci Gitar atau Chord Lagu"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: