Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Melodi Gitar Major Modes

Cara Belajar Melodi Gitar
Cara Belajar Melodi Gitar
Dari beberapa pertanyaan di group social media, temen-teman Chordsmain banyak sekali yang menanyakan tentang bagaimana sebenarnya cara belajar melodi gitar yang baik dan benar. Kali ini Chordsmain ingin membahas kembali tips cara belajar bermain gitar terutama untuk menguasai cara memainkan melodi pada gitar akustik (berlaku juga untuk gitar elektrik). Berikut ini beberapa tahapan latihan yang harus dipelajari:

Fingering
Fingering atau penjarian berfungsi untuk melatih jari-jari dan tangan kita menjadi lebih terampil dalam memainkan gitar. Dalam latihan fingering diharapkan jari dan tangan kita akan menjadi lebih luwes pada saat menekan senar pada fretboard, menggeser (slide), hamer on atau full off, bending dan teknik-teknik lain yang diperlukan. Jangan sepelekan untuk terus melatih fingering ini setiap hari.

Picking
Picking adalah pasangan dari fingering yaitu teknik memetik senar gitar dengan pick gitar. Perlu keselarasan yang baik pada saat melakukan fingering dan picking.

Berlatih Scale
Selain menguasai chord dan progression, untuk belajar melodi gitar kita perlu mempelajari scale. Scale gitar jika diistilahkan secara sederhana adalah skala atau pola jarak nada. Kita sering mengistilahkannyanya dengan solmisasi. Dalam gitar penguasaan scale akan berpengaruh kepada keahlian dalam improvisasi nantinya. Beberapa scale yang harus dikuasai bisa temen-teman lihat di pembahasan Belajar Scale Gitar Lengkap di Chordsmain. Untuk permulaan belajar scale untuk melodi gitar, disarankan untuk mempelajari Major Modes yang berfungsi untuk membantu kita dalam melatih improvisasi dan membantu memahami pola-pola melodi tertentu serta mengembangkan permainan gitar kita.

Untuk mempelajari Major Modes (bisa kita istilahkan 7 nada), bisa kita jelaskan dengan nada dasar C berikut ini:

Ionian
Ionian adalah nada pertama dari major modes atau sering juga di sebut tangga nada major.
Misalnya ketika kita bermain dengan nada dasar C, maka urutannya adalah C-D-E-F-G-A-B. Kita dapat menggunakannya ketika bermain di chord progresi C yang bernuansa major seperti C dan G.

Dorian
Dorian adalah nada kedua dari major modes. Dari nada dasar C maka bentuk Doriann dimulai dari nada kedua yaitu D, urutannya menjadi D-E-F-G-A-B-C. Kita bisa gunakan urutan ini ketika memainkan chord urutan kedua dari nada dasar C, yaitu Dm.

Phrygian
Phrygian adalah nada ketiga dari  major modes. Dari  nada dasar C maka bentuk Phrygiannya dimulai dari nada ketiga yaitu E, urutannya menjadi E-F-G-A-B-C-D. Dilihat dari progresi chord C maka E adalah chord minor maka phrygian dapat kita digunakan juga pada Em. Jadi ketika kita memainkan chord Em di nada dasar C, kita bisa memainkan Phrygian.

Lydian
Lydian adalah nada keempat dalam major modes atau dimulai dari nada F jika kita menggunakan nada dasar C, urutannya menjadi F-G-A-B-C-D-E. Lydian bisa kita digunakan ketika memainkan Chord F.

Mixolydian
Mixolydian adalah bentuk kelima dalam major modes atau dimulai dari nada G jika menggunakan nada dasar C, maka urutannya menjadi G-A-B-C-D-E-F. Jadi kita bisa memainkan Mixolydian ketika memainkan chord G.

Aeolian (Natural Minor)
Aeolian adalah bentuk keenam dalam major modes atau sering kali disebut tangga nada minor. Jika kita menggunakan C sebagai nada dasar maka nada keenamnya adalah A, urutannya menjadi A-B-C-D-E-F-G. dalam chord nada A pada progresi C mengandung nuansa minor sehingga Anda memainkan Chord Am. Jadi ketika memainkan chord Am kita bisa memainkan Aeolian.

Locrian
Locrian adalah bentuk ketujuh dalam major modes. Jika kita menggunakan nada dasar C maka nada ketujuhnya adalah B, urutannya B-C-D-E-F-G-A.

Bila kita ringkas semuanya adalah sebagai berikut:
I = Ionian = C-D-E-F-G-A-B-C
II = Dorian = D-E-F-G-A-B-C-D
III = Phrygian = E-F-G-A-B-C-D-E
IV = Lydian = F-G-A-B-C-D-E-F
V = Mixolydian = G-A-B-C-D-E-F-G
VI = Aeolian = A-B-C-D-E-F-G-A
VII = Locrian = B-C-D-E-F-G-A-B

Belajar Melodi Gitar dengan Major Modes
Jika digambarkan di atas fretboard seperti gambar di atas, maka semua nada-nada tersebut bisa dimainkan pada lagu dengan chord progression C, dengan berpedoman pada Major Modes di atas.

Setelah mempelajari ini diharapkan kita bisa lebih mudah dalam melakukan variasi atau improvisasi dan lebih mudah melatih scale yang lain sebagai latihan belajar melodi gitar lebih lanjut.

Demikian tips dari tutorial belajar gitar akustik dasar untuk pemula tentang Cara Belajar Melodi Gitar dengan Mempelajari Major Modes. Mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Belajar Melodi Gitar Major Modes"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: