Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar

Bagaimana Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar
Memilih Gitar Akustik 
Cordsmain sering menerima pertanyaan tentang "Bagaimana Cara Memilih Gitar Akustik yang Bagus, Berkualitas dan Handal secara Baik dan Benar?".

Pertanyaan ini memang umum dan terkadang dianggap sepele dari beberapa teman yang memulai belajar gitar dan berniat untuk segera membeli gitar. Tapi sebagai pemain gitar dan konsumen yang cerdas, kita harus tau cara memilih barang atau gitar mana yang bagus dan berkualitas.

Sebagai seorang pemula kita biasanya bingung menentukan pilihan untuk memilih gitar yang baik, jadi tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips sederhana dari Chordsmain berikut untuk dijadikan panduan ketika hendak membeli gitar.

Berikut ini Cara Bagaimana Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar:

Pastikan Berapa Kira-kira Harga Gitar yang Mau Anda Beli.

Jika anda mempunyai uang yang cukup anda dapat memilih merk gitar ternama mungkin anda mendapatkan kualitas gitar yang bagus. Tapi kalau uang anda minim pilihan gitar juga mungkin lebih terbatas. Atau saran untuk menabung terlebih dahulu sampai biaya mencukupi untuk membeli gitar impian anda, itu juga bisa jadi pilihan.

Pilih dan Tentukan Bahan Gitar

Perhatikan dan pilih jenis bahan kayu yang digunakan untuk gitar tersebut. Bahan kayu akan sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan saat anda memainkan gitarnya. Beberapa gitar biasanya memakai bahan kayu mahogany, spruce, rosewood, nato dan lain-lain, bahan kayu tersebut disebut tonewood yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa contoh jenis kayu dan karakter suara yang dihasilkannya.

Jenis Kayu Bahan Gitar Akustik
Jenis Kayu Bahan Gitar Akustik
Karakter Suara Gitar Akustik Menurut Jenis Kayu Bahan Gitar Akustik
Karakter Suara Gitar Akustik Menurut Jenis Kayu Bahan Gitar Akustik

Dari beberapa rekomendasi banyak yang menyarankan untuk memilih gitar dengan bahan kayu rosewood dan spruce, karena gitar dengan bahan ini memiliki suara akustik yang baik dalam hal volume suara yang keras, natural dan jernih.

Pilih dan Tentukan Senar Gitar yang Akan Digunakan

Ada 2 jenis senar yang bisa digunakan pada gitar akustik yaitu senar nylon dan senar steel. Pilihan senar ini tergantung anda, misalnya jika anda suka bermain musik klasik sebaiknya pilihlah gitar dengan senar nylon. Tetapi jika anda lebih suka atau sering memainkan musik dengan banyak melodi, musik rock atau blues mungkin sebaiknya anda memilih memilih gitar dengan senar steel.

Dan untuk yang sedang belajar gitar, memilih gitar dengan senar steel saat awal-awal atau pertama berlatih, biasanya jari akan terasa sakit.

Senar Nylon dan Steel
Senar Nylon dan Steel
Biasanya gitar yang menggunakan senar ini neck atau stang gitar enak digenggam. Sedikit berbeda dengan gitar yang bersenar nylon, neck pada gitar ini biasanya lebih besar. Silahkan anda pilih sesuai selera anda.

Neck Gitar Senar Nylon dan Steel
Neck Gitar Senar Nylon dan Steel

Pilih dan Tentukan Bentuk Gitar

Untuk memilih bentuk body gitar, mungkin ini tergantung perawakan si pemakai. Berikut ini jenis bentuk body gitar akustik.
Jenis-jenis Bentuk Body Gitar Akustik
Jenis-jenis Bentuk Body Gitar Akustik
Pilihlah bentuk body gitar yang menurut anda sesuai dengan gaya dan kenyamanan anda saat memegang atau memainkannya.


Lakukanlah Test Suara Gitar

Untuk mengecek suara gitar pada setiap nada, supaya bisa dipastikan apakah  ada yang fals atau tidak. Anda bisa mengetesnya dengan memetik setiap nada yang ada di fret dan sebaiknya mencocokkanya dengan menggunakan alat tuner gitar.

Periksalah Fisik Gitar

Periksa setiap detail fisik dari gitar tersebut barangkali ada lecet atau tidak. Dan jangan melakukannya secara terburu-buru. Periksa juga neck gitar masih lurus atau tidak. Neck gitar yang baik biasanya mempunyai treshold yang diisi batang besi sehingga tidak akan cepat melengkung. Periksalah dengan teliti dan jangan sampai menyesal atau kecewa setelah gitar jadi dibeli.

Demikian tutorial belajar gitar tentang Bagaimana Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar, mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: