Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih dan Membeli Efek untuk Gitar Akustik Elektrik

Efek Gitar Akustik Elektrik
Efek Gitar Akustik Elektrik
Hai, teman Chordsmain. Kali ini ada tips Memilih dan Membeli Efek untuk Gitar Akustik Elektrik. Ya, efek untuk gitar akustik atau lebih spesifik lagi gitar akustik elektrik. Jadi sebenarnya tidak hanya pada saat kita menggunakan gitar elektrik saja, efek gitar pun bisa kita gunakan dalam permainan dengan gitar akustik elektrik.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas cara memilih dan membeli efek untuk gitar akustik elektrik dan cara memilih dan membeli efek pedal yang bisa digunakan untuk gitar akustik elektrik.

Memilih dan Membeli Efek untuk Gitar Akustik Elektrik





Efek Pedal Bisa Digunakan untuk Gitar Akustik

Efek pedal merupakan alat tambahan yang bagus untuk pelengkap pemain gitar akustik untuk menambahkan sedikit warna suara yang dihasilkan oleh gitar akustik elektriknya. Meskipun tanpa menggunakan efek kita sudah bisa menghasilkan suara natural dan clean dengan bantuan fitur preamp dan fitur audio dari amplifier, tapi dengan menambahkan  efek kita bisa bereksperimen dalam menghasilkan sound gitar yang diinginkan.

Gitar akustik menghasilkan suara dari getaran senar/string yang diterima oleh pickup gitar dan dialirkan ke amplifier untuk menghasilkan suara yang lebih keras tapi dengan frekwensi yang sama. 

Efek pedal dapat digunakan dengan gitar akustik, seperti gitar listrik, untuk menciptakan nada yang menarik. Pilihan efek yang luas, dari efek halus yang sedikit memodulasi dan meningkatkan nada alami gitar akustik untuk efek yang lebih flamboyan, seperti paduan suara digital.

Ketika membeli efek pedal untuk gitar akustik, kita harus meneliti jenis dan merek yang tersedia, dan melihat-lihat produk berkualitas baik dengan nilai terbaik.

Memilih Efek Pedal untuk Gitar Akustik Elektrik

Dalam emilih efek pedal untuk gitar akustik elektrik, kita bisa mempertimbangkan beberapa faktor, seperti anggaran dan jenis efek yang diperlukan. Cara paling efektif adalah dengan menanyakan ke beberapa orang teman yang pernah menggunakan efek gitar untuk gitar akustik, biasanya review secara individual dari seorang pemain gitar langsung akan menghasilkan daftar kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk termasuk efek gitar ini. Para pemain gitar biasanya mengutak-atik efek sampai dia biasa menghasilkan sound yang mereka inginkan sesuai dengan gaya permainan gitar mereka.

Tipe Efek Pedal

Ada berbagai efek pedal yang tersedia untuk gitar akustik, di dalamnya termasuk pedal tuner, preamps, lingkaran pedal, delay pedal, pedal reverb, chorus pedal, pedal overdrive dan distorsi, dan multi-efek pedal.

Pedal Tuners
Efek dengan fitur Pedal Tuner adalah yang paling banyak dipilih dan digunakan oleh pemain gitar untuk gitar akustik elektrik. Meskipun harganya relatif lebih mahal tapi ini bisa jadi investasi yang baik terutama bagi pemain gitar profesional termasuk juga teman-teman yang mau serius dalam bermain gitar akustik elektrik dengan mempertimbangkan bahwa sound gitar yang mantap adalah yang paling utama. 

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tuning, seperti kondisi-kondisi instrumen dan cuaca, sehingga penyetelan reguler sangat penting . Fitur yang harus diwaspadai termasuk lampu LED terang untuk visibilitas optimal dan desain yang kuat. Fitur tuner chromatic dapat secara akurat memeriksa setiap note pada gitar. Kelebihan lainnya adalah dengan tuner polifonik semua string dapat dipetik bersama-sama. Kebanyakan tuner dapat digunakan untuk gitar bass, tetapi memang ada beberapa tuner yang dirancang khusus untuk bass.

Preamps
Preamplifier atau preamps adalah amplifier elektronik yang dirancang untuk mengirimkan sinyal-sinyal listrik untuk amplifikasi lebih lanjut atau modulasi dan untuk mengurangi gangguan. Preamps akan meningkatkan nada gitar akustik dan menghasilkan suara yang lebih jernih saat amplifikasi digunakan . Seperti pedal tuner, ada banyak pilihan dan beberapa model yang lebih baik dari pada yang lain, sehingga layak melakukan sedikit riset sebelum membeli. Model merek ternama mungkin lebih mahal, tetapi mereka juga cenderung bertahan dan memberikan masa kerja yang baik.

Loop Pedals
Loop atau Looper, pedal yang memungkinkan musisi untuk mengulang elemen dan kemudian mengembangkannya menjadi lapisan dengan backing yang berbeda. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai tekstur yang berbeda, menciptakan sesuatu yang kaya dan menarik. Pemain gitar solo atau fingerstyle terutama, bisa mendapatkan keuntungan dari loop pedal ini karena memungkinkan mereka untuk menambahkan elemen seperti perkusi dan keyboard. Pedal loop dengan kisaran harga dan model yang lebih canggih menawarkan harga yang cukup mahal juga tapi memang sebading saja dengan fitur yang dipdapatkan. Ada banyak kelebihan fitur dari pedal loop ini seperti memeriksa berapa banyak waktu perekaman dilengkapi dengan memori pedal, pengaturan ritme dan fitur tambahan lainnya seperti bermain loop secara terbalik, mengubah kecepatan, mengubah pitch, dan menghapus backing track untuk loop yang mau dibatalkan. Penyimpanan USB memungkinkan loop bisa disimpan disimpan pada komputer sebagai file audio. Loop dan delay efek sering digabungkan dalam satu pedal, ini dapat menjadi cara yang ekonomis karena menjadi seperti membeli dua efek sekaligus.

Delay Pedals
Delaypedal adalah alat serbaguna mampu menciptakan berbagai efek, seperti slapback, echo dan suara lainnya . Mereka digunakan untuk membuat loop awal . Chorus dan reverb efek juga efek berbasis delay, dan reverb pedal sering ditemukan dalam kombinasi. Beberapa model menawarkan berbagai delay panjang dan mode delay, dengan model yang lebih mendasar umumnya menawarkan 2-3 delay kedua dan mode delay lebih sedikit, sementara model yang lebih bagus menawarkan enam, delapan atau lebih detik delay dan berbagai mode delay lainnya.

Reverb Pedals
Reverb adalah efek berbasis delay yang populer digunakan untuk menghasilkan dentingan yang hangat istilahnya. Jenis reverb-nya termasuk hall, room, plate, spring dan gated . Hallreverb adalah efek umum yang bertujuan untuk menciptakan jenis suara yang ditemukan dengan seperti bermain di sebuah aula besar, menambahkan kedalaman dan tekstur. Room reverb mirip dengan hall tapi kurang mendalam dan dengan delay yang lebih pendek, yang menambahkan realisme dan keintiman. Plate reverb menciptakan suara yang besar seperti hall reverb tetapi datar di tekstur, yang sering dapat memungkinkan untuk berbaur lebih mudah. Spring reverb menambahkan suara echo dan populer digunakan dengan gitar untuk membuat suara menjadi hidup dan menyenangkan. Reverb Gated adalah cepat, efek reverb kuat yang menghasilkan suara seperti terpotong-potong.

Chorus Pedals
Pedal chorus juga berbasis delay. Fungsinya menciptakan delay singkat di bagian sinyal gitar sementara bagian lain dari sinyal tidak termodulasi, dan kemudian dapat lebih memodulasi bagian delay, menyebabkan kesan berbagai efek paduan suara.

Overdrive dan Distortion Pedals
Pedal overdrive membuat jenis suara lembut distorsi. Efek bekerja dengan menjepit sinyal gitar untuk membuat suara hangat, suara datar . Jenis lain dari pedal distorsi dapat membuat suara kasar dan suara keras.

Multi-Effect Pedals
Beberapa pedal, yang dikenal sebagai multi-efek pedal, mampu menghasilkan berbagai efek yang berbeda . Prosesor ini umumnya ditujukan untuk musisi yang lebih serius dan mau mengeluarkan biaya cukup mahal untuk membeli, tetapi mereka sangat fleksibel dan memiliki potensi yang sangat besar untuk membuat suara yang menarik dan beragam dan tekstur.

Rangkaian Efek Gitar Akustik Elektrik
Rangkaian Efek Gitar Akustik Elektrik

Menyambungkan Pedal

Umumnya pedal tuner ditempatkan sebelum pedal distorsi, dan paling dekat dengan gitar, namun beberapa musisi ada yang menempatkan pedal pada posisi yang berbeda. Overdrive dan distorsi pedal, yang menambah volume, juga akan memperkuat suara efek pedal lainnya. Untuk meminimalkan masalah, pedal distorsi biasanya ditempatkan di dekat awal rangkaian efek. Modulasi pedal, seperti pedal chorus, umumnya ditempatkan di dekat akhir. Delay dan reverb pedal, yang membuat efek suasana, biasanya ditempatkan pada akhir rangkaian efek.

Kesimpulan

Ada berbagai jenis efek pedal yang tersedia untuk gitar akustik . Pedal tuner membantu tala akurat, dengan tuner chromatic menyetel setiap note gitar dan tuner polifonik mampu menyetel beberapa string secara bersamaan. Preamps meminimalkan gangguan ketika suara itu harus diperkuat. Loop pedal memungkinkan mengulangi rekaman untuk dimainkan, memberikan kemungkinan untuk membuat berbagai melodi bertekstur. Delay pedal memberikan berbagai panjang suara dan beberapa jenis delay, menciptakan efek seperti slapback dan echo. Pedal reverb menambahkan gaung hangat , menciptakan suasana dan kelapangan serta efek hidup. Pedal chorus menciptakan berbagai suara paduan suara . Pedal overdrive dan distorsi membuat berbagai efek distorsi . Beberapa pedal juga mampu menghasilkan berbagai efek khusus . Periksa panduan tentang menghubungkan pedal ke gitar, mengingat bahwa pedal sering ditempatkan di posisi tertentu untuk memastikan efek mereka bekerja dengan baik.

Daftar Harga Efek Gitar Pedal Terbaru, Termurah dan Terbaik

Berikut ini beberapa model dan kisaran harga efek gitar pedal yang ada di beberapa toko alat musik di Indonesia. Teman-teman bisa cek langsung harga pastinya di toko alat musik terdekat atau cek juga di toko online alat musik di internet untuk informasi harga terbaru dan diskonnya. Dengan begitu teman-teman bisa lebih mendapatkan harga termurah dari efek gitar terbaru dan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bermain gitar teman-teman. Dengan peralatan efek gitar ini selain berlatih atau bermain gitar teman-teman bisa lebih lagi dalam bereksperimen misalnya untuk merekam gitar akustik elektrik di rumah.





Demikian pembahasan tentang tips Memilih dan Membeli Efek untuk Gitar Akustik Elektrik. Semoga bermanfaat.

2 comments for "Memilih dan Membeli Efek untuk Gitar Akustik Elektrik"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: