Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gitar Akustik Custom atau Replika dan Gitar Batik Custom

Gitar AKustik Custom
Gitar AKustik Custom
Hai, teman Chordsmain. Kali ini kita membahas tentang Gitar Akustik Custom atau Replika dan Gitar Batik Custom Mudah-mudahan tulisan ini memberikan sedikit informasi apa sebenarnya yang dimaksud dengan gitar custom atau replika. Istilah gitar custom atau replika berlaku untuk semua gitar akustik atau pun elektrik. Tapi karena kali ini kita sedang belajar gitar akustik, kita batasi saja pembahasannya tentang Gitar Akustik Custom atau Replika yang memang tidak asing lagi di Indonesia. Beberapa orang berpendapat bahwa gitar akustik custom atau replika adalah gitar tiruan bahkan menganggapnya bajakan atau abal-abal ini dikarenakan gitar custom tersebut selain meniru secara bentuk dan penampilan gitar asli para pembuat gitarnya (luthier) menempelkan juga logo merek asli pada gitar custom-nya.

Jika teman-teman sering mengikuti forum-forum komunitas pemain ataupun penghoby gitar misalnya di sebuah group sosial media, sering kali kita menemukan posting iklan gitar custom atau replika dan kalau kita lihat detailnya produk gitar tiruan ini memang mirip dengan aslinya plus logo atau tulisan merk gitar terkenal seperti Yamaha, Takemine, Lakewood, Taylor, Godin, Lowden, Ibanez, CordobaCort dan sebagainya. Jelas ini seharusnya dilarang karena merupakan tindakan pelanggaran hak cipta terhadap tradmark merek-merek tersebut. Seharusnya para pembuat gitar ataupun pemain gitar di Indonesia pada saat membuat atau memainkan gitar custom ini mau jujur dan mengatakan bahwa gitar yang dipakai adalah gitar custom atau replika dan kalau pun harus diberi merk maka sebaiknya buatlah nama atau merk sendiri. Justru dengan membuat merk sendiri kita tidak usah merasa takut gitar produksi asli dalam negeri ini tidak laku, karena sebuah gitar tidak semata-mata dilihat dari mereknya terkenal atau tidak. Sebuah gitar merk apa pun akan disukai dan dipercaya serta direkomendasikan apabila memang bagus secara kualitas.

Perlu diketahui bahwa gitar adalah sebuah karya seni. Seorang luthier membutuhkan effort yang sangat tinggi dalam membuat hasil karyanya tersebut yang megah dalam sisi kualitas suara dan juga tampilan. Meskipun dalam berseni kita sering terinfluence oleh karya seni lain, tapi tidak seharusnya meniru secara keseluruhan, influence influence bukanlah untuk di tiru 100%.

Untuk membedakan gitar akustik custom atau replika dengan gitar akustik merk asli atau original, teman-teman bisa lihat langsung foto gitar original di website resminya dan bandingkan detailnya dengan gambar gitar custom yang banyak bertebaran di internet. Gitar asli atau original bisa kita dapatkan di toko-toko atau dealer gitar resmi dari merek gitar tersebut. Katalog dan situs web dari pabrik atau pembuatnya bisa dijadikan referensi untuk menentukan satu gitar asli atau bukan. Jika misalnya kita ke toko gitar (bisa dealer resmi ataupun bukan) atau penjual gitar, beli gitar merek Y, fisik barang dan kelengkapannya sesuai yang diliat di catalog atau web site, apalagi mendapatkan sertifikat, nomor serinya dicocokkan bener, itu namanya gitar yang kita beli adalah ori (original) atau asli.

Dengan kata kunci pencarian "gitar akustik custom" saja dan search di internet ada banyak gambar foto dari iklan gitar akustik custom yang ditawarkan, sayangnya gitar akustik custom tersebut meskipun harganya lebih murah dari aslinya, gitar custom ini tetap banyak yang menempelkan label logo merk gitar pabrikan terkenal.

Contoh Gitar Custom dari BatikGuitar.com

Teman-teman yang ingin memiliki gitar custom dengan ornamen batik di gitarnya, bisa coba lihat-lihat galeri gitar batik di batikguitar.com. Mungkin ini sangat inspiratif bagi para luthier gitar lain di Indonesia bagaimana sebuah karya seni warisan bangsa bisa dituangkan ke dalam ornamen pada sebuah alat musik modern. Kita bisa bayangkan jika gitar batik ini dimainkan oleh musisi atau pemain gitar hebat di pentas internasional.

Gitar Akustik Custom Batik - BatikGuitar.com
Gitar Akustik Custom Batik - BatikGuitar.com
Nama Luthier: Guruh Sabdo Nugroho (batik guitar)
Alamat : Ngenden rt 5/7 Laweyan SOLO
No hp: 085229231123
Website: www.batikguitar.com

Video Gitar Akustik Custom - Batik Guitar Custom 



Video Proses Pembuatan Gitar Custom Batik oleh Guruh Sabdo Nugroho



Sekian info dan pembahasan tentang Gitar Akustik Custom atau Replika dan Gitar Batik Custom. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Gitar Akustik Custom atau Replika dan Gitar Batik Custom"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: