Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Pembentukan Chord Gitar untuk Pemula

Belajar Pembentukan Chord Gitar
Belajar Pembentukan Chord Gitar
Hai, kali ini Chordsmain ingin membahas tentang Belajar Pembentukan Chord Gitar untuk Pemula. Ini akan bermanfaat buat kita dalam menguasai improvisasi chord gitar dalam bermain gitar karena dengan mengetahui teori dasar pembentukan chord ini teman-teman tidak lagi terpaku pada gambar chord dasar. Nantinya teman-teman bisa cari sendiri, hitung sendiri, dengan rumus atau formula chord yang membentuk chord tertentu meskipun kita menginginkan posisi chord di mana saja pada fretboard.

Berikut ini teori dasar Belajar Pembentukan Chord Gitar untuk Pemula, file teori ini pembentukan chord ini ada di Facebook Group Indonesia Fingerstyle Guitar Community, jadi buat teman-teman yang tertarik belajar dan diskusi seputar Fingerstyle Gitar dengan banyak para master di Komunitas Fingerstyle terbesar di Indonesia, silahkan untuk join di sana, ada banyak manfaatnya di sana :



Pada tutorial pembentukan chord gitar di atas, dijelaskan bagaimana caranya membentuk sebuah chord. Pada pembahasannya diberikan contoh mulai dari nada Major Do = C.

Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan chord C untuk:

  1. Major (Major 7, Major 9, Major 11, Major 13)
  2. Dominant Chord (Dominant 7, Dominant 9, Dominant 11, Dominant 13)
  3. Minor (Minor 7, Minor 9, Minor 11, Minor 13)
  4. Diminished (Diminished 7, Half Diminshed 7)
  5. Augmented (Augmented 7th, Augmented Major 7th)
  6. Suspended Chord (sus2, sus4, sus6, 7th suspended 4, Major 7th suspended 4)
  7. add Chord  (add2, add6, add9, add11, add 6/add 9)
  8. minor 6 
  9. minor Major 7th 
  10. minor 7 flat 5 
  11. Dominant 7 flat 5
  12. Dominant 7 sharp 5
  13. Dominant 7 flat 9
Memang banyak sekali ya, tapi kita bisa coba mempelajarinya satu-satu dan langsung lakukan praktek dengan gitar. Teknik pembentukan chord ini tentunya akan membuat teman-teman lebih mahir nantinya dalam improvisasi chord ataupun teknik gitar lainnya.

Demikian teori atau tutorial tentang Belajar Pembentukan Chord Gitar untuk Pemula, mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat. Selamat berlatih bermain gitar.

1 comment for "Belajar Pembentukan Chord Gitar untuk Pemula"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: