Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Hal Kesalahan dalam Belajar Gitar Pemula

Belajar Gitar Akustik Pemula
Belajar Gitar Akustik Pemula
Ah, sebenarnya lagi bingung nih ngasih judul artikel, akhirnya Chordsmain beri judul saja 8 Hal Kesalahan dalam Belajar Gitar Pemula, biar kesannya agak serem gimana gitu, hehe. Padahal harusnya tidak ada yang salah dalam belajar gitar semuanya sah-sah saja, dan sebenarnya ini hanya membahas tips cara belajar gitar akustik supaya latihan bermain gitar yang teman-teman lakukan lebih baik lagi, lebih terkonsep lagi supaya tujuan untuk bisa bermain gitar dengan baik bisa tercapai dengan semaksimal mungkin dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Merdeka !. Hehehe.

Setelah membaca beberapa tips bermain gitar dari berbagai sumber, Chordsmain ingin membagikannya ke teman-teman juga ternyata ada 8 hal yang perlu diperhatikan dan katanya ini adalah anggapan yang salah dan sering kali dilakukan oleh para pemain gitar pemula seperti kita. Berikut ini 8 Hal Kesalahan dalam Belajar Gitar Pemula:


Jadi 8 hal tersebut adalah:

  1. Sebaiknya latihan gitar yang kita lakukan terkonsep dengan berbagai referensi, peralatan tambahan seperti metronome, bancking track, buku-buku gitar, bergabung bersama teman yang lain untuk share.
  2. Jangan terburu-buru dalam latihan bermain gitar. Latihlah satu teknik bermain gitar secara optimal dan bertahap supaya lebih kuat dasar-dasarnya dan mudah untuk melanjutkan ke tahap latihan dengan teknik yang lebih sulit.
  3. Melatih bermain gitar dengan tempo yang benar, ini akan bermanfaat pada saat bermain gitar bersama atau pun secara gitar solo. Karena tempo atau ketukan yang benar akan menghasilkan permainan gitar yang harmonis dan keren tentunya.
  4. Latihlah semua teknik bermain gitar, jangan hanya fokus pada satu teknik saja. Misalnya kita tidak suka dengan permainan rhythm dan hanya melatih scale melodi saja karena kita ingin mahir di gitar lead. Padahal untuk teknik bermain gitar fingerstyle semuanya harus kita kuasai dengan baik.
  5. Usahakan untuk tidak membatasi diri dengan hanya mendengar satu aliran musik saja. Karena dengan banyak mendengar jenis musik yang lain akan memperkaya pengetahuan kita tentang musik.
  6. Melakukan penyeteman atau tuning senar gitar dengan baik, ini tentunya penting sekali supaya gitar tidak fals.
  7. Lakukanlah pemanasan terlebih dahulu sebelum berlatih gitar. Bahkan latihan pemanasan seperti fingering atau senam jari sebaiknya dilatih setiap hari.
  8. Di sela waktu istirahat, bacalah berbagai teori musik terutama gitar dari tutorial-tutorial atau artikel-artikel gitar yang akan menambah wawasan kita. Ini akan terasa perbedaan hasilnya nanti, jika kita memang memahami seni bermain gitar secara teori yang cukup ditambah dengan hasil dari disiplin latihan bermain gitar yang giat.
Demikian 8 Hal Kesalahan dalam Belajar Gitar Pemula yang mungkin bermanfaat untuk kita ketahui dan menjadi acuan dalam berlatih bermain gitar.

Post a Comment for "8 Hal Kesalahan dalam Belajar Gitar Pemula"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: