Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Kunci Gantung atau Power Chords

Dari beberapa teman yang memulai belajar gitar setelah mempelajari beberapa chord gitar sering kali menanyakan tentang "kunci gantung" atau "kunci balok". Dengan kata lain teman-teman ini sebenarnya menanyakan tentang chord yang pada prinsipnya sama dengan chord gitar yang lain yaitu Power Chords.

Nah, pada tutorial belajar gitar kali ini Chorsmain mengajak anda untuk lebih mengenal dan memahami tentang Power Chords.

Istilah Power Chords memang jarang terdengar dan tak sepopuler istilah teknik gitar yang lainya, namun bagi gitaris yang sering memainkan musik rock pasti sudah familiar dengan istilah ini. Dahulu teknik gitar power chord ini banyak di pakai oleh para gitaris musik blues, karena sejak kelahiran musik blues istilah ini muncul, dan kemudian disusul oleh para pemain musik Grunge yang mulai gemar menggunakan teknik ini sebagai warna musik mereka. Dan kita akan dapat menggunakan power chords ini  dalam setiap gaya musik termasuk jazz, rock, reggae, country, dan banyak lagi.

Pada dasarnya power cords adalah chord/kunci yang nada nya hanya terdiri dari 2 nada, yaitu nada "Root note"-nya atau susunan nada dasarnya (Do) dan (Sol). Maka bisa di sebut chord atau kunci lima yang biasa ditulis dalam lirik lagu yaitu A5, B5, C5,D5,E5, dan sebagainya.

Mari kita mulai dengan power chord bentuk yang pertama. Letakkan jari telunjuk di fret ketiga string E rendah. Ketika anda bermain power chord, patokannya anda bermain dengan jari telunjukyang akan selalu menjadi root note dari power chord. Root note adalah bagaimana kita mendapatkan nama untuk power chord daya. Nah ketika jari telunjuk bermain root note G, inilah Power Chord G.

Power Chord G
Power Chord G
Dari bentuk power chord di atas sebenarnya sudah cukup mudah untuk mengikuti pola untuk bentuk power chord ini yang lainnya. Anda tinggal menggeser bentuk power chord ini pada fretboard gitar. Jangan lupa patokannya adalah jari telunjuk Anda yang dijadikan sebagai root note power chord. Silahkan perhatikan fretboard pada stang gitar anda, atau lihat gambar di bawah ini.

Root Note pada Fretboard Gitar untuk Senar 6 E
Root Note pada Fretboard Gitar untuk Senar 6 E

Root Note pada Fretboard Gitar untuk Senar 5 A
Root Note pada Fretboard Gitar untuk Senar 5 A
Dengan melihat fretboard di atas, kita bisa menggeser bentuk power chord seperti power chord G dan memindahkannya atau menggesernya pada posisi root note yang ada. Sekali lagi jangan lupa, yang dijadikan acuannya adalah jari telunjuk.
Posisi Tangan pada Power Chord
Posisi Tangan pada Power Chord

Demikian tutorial tentang Belajar Kunci Gantung atau Power Chords. Mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "Belajar Kunci Gantung atau Power Chords"