Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Gitar Akustik dengan Microphone Condenser

Merekam Gitar Akustik dengan Komputer (PC atau Laptop)
Merekam Gitar Akustik dengan Komputer
Hai, teman Chordsmain. Kita akan membahas Cara Merekam Gitar Akustik dengan Microphone Condenser. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk melakukan proses rekaman (recording) secara mandiri dengan peralatan sederhana (bukan di studio rekaman), tapi menggunakan peralatan seperti komputer dan microphone saja untuk merekam suara gitar akustik di rumah atau di dalam kamar teman-teman.

Mudah-mudahan ini bisa menjadi tutorial yang bermanfaat bagi teman-teman yang bermaksud untuk merekam permainan gitarnya untuk berbagai keperluan seperti membuat video cover lagu favorit teman-teman untuk di-share di sosial media atau pun media share video di internet seperti Youtube.

Tujuan atau Manfaat Merekam Gitar Akustik

Ada beberapa alasan tujuan dan manfaat jika kegiatan belajar atau latihan bermain gitar kita rekam, diantaranya adalah:

  1. Kita bisa mengevaluasi permainan gitar dengan efektif, kita bisa memutar ulang hasil rekamannya dan mengkoreksi beberapa kesalahan yang kita lakukan dalam permaian gitar. Kemudian kita bisa lakukan rekaman ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  2. Kita bisa mendokumentasikan permainan gitar ke dalam suara/audio bahkan video. Jika kita tidak sempat menuliskan aransemen atau komposisi lagu yang kita buat dalam bentuk notasi musik seperti tab gitar, dengan merekamnya dulu kita bisa membukanya kembali untuk kita jadikan arsip dalam notasi musik.
  3. Kita bisa berkreasi, menghasilkan sebuah karya permainan gitar unik yang mungkin bisa kita jadikan hadiah spesial yang bisa kita berikan kepada orang terkasih, teman dan saudara dalam bentuk CD atau mengirimnya lewat akun sosial media dalam bentuk video ataupun audio.
  4. Kita bisa membuat sebuah demo permainan gitar untuk dijadikan sample demo untuk mempromosikan diri kita sebagai pemain gitar professional. Bagi teman-teman yang serius dalam bermusik tentunya ini adalah point pentingnya yaitu merekam musik untuk kebutuhan komersial.
Berikut ini ada tips selengkapnya dari Pak Jubing Kristianto tentang Rekaman Gitar Akustik, sebuah tulisan  yang tidak bisa kita lewatkan dari master gitar classic fingerstyle Indonesia, pemain gitar yang sangat berpengalaman.



Untuk melakukan rekaman termudah dan bisa dilakukan di rumah adalah dengan peralatan sederhana yaitu komputer (PC atau Laptop) dan Mikrofon. Tentunya dengan peralatan sederhana ini ada kekurangan yang menjadi resiko yaitu noise atau suara dengung yang terekam dari suara-suara yang ada di sekitar rumah, misalnya suara AC, suara anak-anak, suara televisi, suara hewan peliharaan dan sebagainya. Cara terbaiknya yaitu dengan mengantisipasinya dengan pemilihan ruangan atau kamar di rumah yang lebih sepi karena meskipun sekarang ada banyak software editing audio dengan fitur yang bisa menghilangkan noise, hasilnya akan lebih bagus jika memang rekaman awalnya sudah oke.

Untuk mikrophone yang cukup memadai untuk merekam gitar akustik, teman-teman bisa gunakan mic condenser. Mic condenser ini dirancang lebih peka/sensitif untuk menangkap suara dari gitar, hasilnya bisa lebih bagus dibanding dengan menggunakan microphone dynamic. Tapi ini tergantung juga dengan kualitas dari microphone-nya sendiri, karena ada beberapa mic dynamic kualitas terbaik yang bagus sekali hasilnya untuk merekam gitar akustik.

Microphone condenser biasanya diaktifkan menggunakan listrik dari batere sedangkan mic dynamic bisa langsung kita colok ke mixer, ke amplifier misalnya atau ke komputer. Jadi mungkin sederhananya itu yang membedakan antara mic condenser dan dynamic.

Berikut ini beberapa contoh mic condenser yang menurut beberapa toko penjualnya mic condenser ini paling banyak diminati dan dibeli oleh orang-orang dan mungkin sebagian besarnya para musisi atau mungkin pemai gitar akustik fingerstyle.

Microphone Condenser untuk Merekam Gitar Akustik
Microphone Condenser untuk Merekam Gitar Akustik
Selain mic condenser di atas, ada seri yang lainnya yang cukup diminati harganya sekitar Rp. 1.920.000 yaitu SAMSON Microphone Condenser [G-Track] :

SAMSON Microphone Condenser [G-Track]
SAMSON Microphone Condenser [G-Track]

Teman-teman silahkan cek spesifikasinya langsung di website resminya samsontech.com. Dan harga di atas adalah harga kisaran di beberapa toko online, jika teman-teman cek di toko alat musik terdekat bisa saja harganya lebih murah atau sedang ada diskon.

Video Merekam Gitar Akustik dengan Microphone Condenser SAMSON C01 dan SAMSON G-Track



Tips menggunakan microphone dalam merekam gitar akustik;

  • Pemilihan microphone; disarankan memilih microphone condenser dari pada mic dynamic untuk rekaman gitar akustik. Kita bisa merekam secara mono dengan satu mic atau dua mic untuk hasil stereo. Sebenarnya kita bisa gunakan juga mic dynamin untuk todong langsung ke amplifier gitar dan hasil stereonya bisa kita mixing dengan software di komputer.
  • Penempatan microphone; kita bisa coba dekatkan mic ke dekat lobang gitar (soundhole) untuk suara paling low-end atau frekwensi paling rendah atau kita bisa coba dekatkan mic di sekitar fret 12 untuk hasil suara high-end. Untuk hasil yang lebih bagus kita bisa lakukan dengan dua mic sekaligus, satu di sekitar fret 12 satu lagi di sekitar lubang gitar.
  • Penggunaan Pick-up, bila gitar yang digunakan akustik elektrik ini lebih bagus karena dilengkapi dengan pre-amp disertai dengan equalizer untuk pengaturan sound.
  • Mixing atau edit hasil rekaman dengan software-software audio yang teman-teman miliki di komputer untuk hasil audio yang optimal.

Contoh penempatan microphone untuk merekam gitar akustik;


  • Dengan 1 Microphone
Cara Merekam Gitar Akustik dengan 1 Microphone
Cara Merekam Gitar Akustik dengan 1 Microphone


  • Dengan 2 Microphone

Cara Merekam Gitar Akustik dengan 2 Microphone
Cara Merekam Gitar Akustik dengan 2 Microphone

Cara Merekam Gitar Akustik dengan 2 Microphone
Cara Merekam Gitar Akustik dengan 2 Microphone

Software untuk merekam gitar akustik;

Untuk software komputer, teman-teman bisa gunakan beberapa software gratis untuk merekam dengan komputer PC/Laptop. Di sini kita menggunakan software yang benar-benar gratis yaitu Audacity.

Merekam Gitar Akustik dengan Audacity
Merekam Gitar Akustik dengan Audacity


Audacity; software ini support untuk sistem operasi Windows, MacOs, Linux. Dilengkapi dengan Noise Removal Effect untuk membersihkan suara dengung hasil rekaman, Change Tempo Effect untuk mengatur atau memperbaiki kesalahan tempo. File audio hasil rekaman bisa kita save ke bebarapa format file, diantaranya yang paling sering kita gunakan adalah .wav dan mp3. Ini sudah cukup untuk kebutuhan produksi file audionya.

Sebenarnya ada banyak software lain yang lebih bagus untuk rekaman dengan komputer misalnya Adobe Audition. Tapi kita tidak membahasnya karena untuk memiliki software ini kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli karena memang software ini berlisensi. Tapi disarankan teman-teman juga mempelajari fitur-fitur software ini, kita bisa mendapatkan banyak informasi di internet tentang software untuk merekam gitar akustik mana yang lebih baik dan lebih cocok untuk kita gunakan.

Contoh Video Merekam Gitar Akustik


Demikian tips tentang Cara Merekam Gitar Akustik dengan Microphone Condenser. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Merekam Gitar Akustik dengan Microphone Condenser"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: