Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bermain Gitar Akustik dengan Efek Pedal Looper

Pedal Looper BOSS RC-50
Efek Pedal Looper BOSS RC-50
Hai, teman Chordsmain. Kali ini kita membahas tentang Bermain Gitar Akustik dengan Efek Pedal Looper. Tepatnya bermain dengan gitar akustik elektrik dilengkapi dengan amplifier dan efek pedal looper. Ya, gitar akustik elektrik bisa menggunakan efek gitar, salah satunya yang sedang populer seperti yang dimainkan oleh Ed Sheeran dalam setiap live performance-nya. Karena memang dengan menggunakan efek looping ini memungkinkan musisi atau pemain gitar bisa tampil dengan sebuah backing track seperti sebuah band lengkap hanya dengan satu alat musik saja misalnya gitar.

Ed Sheeran salah satu musisi yang telah menjadi dikenal karena menggunakan pedal looper dalam pertunjukan live-nya, dengan menciptakan semacam backing track atau musik latar sebagai pengiring dia bernyanyi dan bermain gitar dalam sebuah lagu.

Secara sederhana konsep bermain gitar dengan memanfaatkan Loopers ini adalah dengan menginjak pedal kita merekam suara dari gitar misalnya ketukan pada body gitar untuk menimbulkan suara efek perkusi, atau memainkan beberapa chord yang akan kita jadikan rhythm, yang baru saja terekam langsung bisa kita mainkan kemudian kita tambahkan lagi musik pelengkapnya misalnya bass, suara dentingan dari senar dengan teknik harmonic dan lain-lain. Selanjutnya kita bisa memainkan kedua rekaman tadi secara bersamaan, dan kita teruskan dengan melengkapinya dengan vocal atau melodi gitar. Sederhananya seperti itu lah kira-kira teori atau konsepnya. Tentunya akan terasa lebih rumit pada saat dipraktekkan.

Loop Pedal BOSS RC-50 dalam Rangkaian Efek
Loop Pedal BOSS RC-50 dalam Rangkaian Efek
Pedal Looper yang paling canggih memungkinkan kita untuk merekam beberapa musik (music line) dan bahkan memungkinkan untuk mengimpornya ke dalam sebuah backing track. Jadi kalau teman-teman selama ini sering berlatih gitar melodi dengan menggunakan backing track. Sudah saatnya sekarang membuat sendiri backing track gitarnya dengan bantuan efek pedal loop.

Ada banyak tipe efek pedal looper dengan berbagai fiturnya yang bisa kita beli di toko-toko alat musik. Silahkan baca juga tentang Memilih dan Membeli Efek untuk Gitar Akustik Elektrik.

Sebagai gambaran, berikut ini ada sebuah video tutorial bagaimana sebuah efek pedal looper dari BOSS digunakan untuk membuat sebuah bancking track yang terdiri dari bagian perkusi (percussive part), sebuah iringan bass (a bassline) dan sebuah petikan harmonic (strummed harmonic).

Video Pedal Looper Gitar Akustik Elektrik dengan BOSS Loop Station RC-3



Video Loop Pedal Tutorial oleh Ed Sheeran




Mudah-mudahan video di atas memberi inpirasi kepada teman-teman untuk mencoba bermain gitar dengan teknik looper menggunakan efek gitar pedal looper dengan gitar akustik sampai teman-teman menemukan pengalaman berharga dan gaya tersendiri dalam memainkan gitar. Ada banyak orang yang sudah bermain dengan pedal looper ini, teman-teman bisa cek langsung di Youtube dengan kata kunci pencarian loop pedal cover dengan lagu-lagu populer.

Video Salah Satu Cover Live Looping dengan Boss RC-50 di Youtube



Sekian pembahasan tentang Bermain Gitar Akustik dengan Efek Pedal Looper. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Bermain Gitar Akustik dengan Efek Pedal Looper"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: