Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Gitar Fingerstyle dengan Tuning Drop D Lagu With Or Without You

Jaques Stotzem Fingerstyle
Jaques Stotzem Fingerstyle
Hai, teman Chordsmain. Kali ini kita membahas tentang Belajar Gitar Fingerstyle dengan Tuning Drop D Lagu With Or Without You. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tutorial yang membantu teman-teman memahami cara belajar gitar fingerstyle sekaligus memahami penggunaan tuning yang bukan standar seperti setelan atau steman gitar yang biasa kita gunakan. Mengganti tuning pada permainan gitar fingerstyle salah satu tujuannya adalah untuk memudahkan penjarian karena dalam fingerstyle tentunya bisa dikatakan kita harus memainkan bass, rhythm dan melodi secara bersamaan.

Steman atau tuning yang akan kita coba praktekan yaitu tuning Drop D dengan urutan nada senar DADGBE. Dan salah satu cara untuk belajar gitar fingerstyle, teman-teman disarankan untuk membiasakan diri membaca tablature. Kebetulan ada tablature fingerstyle lagu  With Or Without You dari U2 yang di-arransemen oleh Jacques Stotzem.

Tablature Gitar Fingerstyle Lagu With Or Without You




Teman-teman bisa coba ulik sendiri secara bertahap dan pelan-pelan saja sambil belajar membaca tablature-nya. Sepintas saja kalau kita baca di senar bass (garis paling bawah) ditulis ada fret 0, 7, 9, 5. Karena di tab ini menggunakan tuning Drop D, maka 0 = D, 7 = A, 9 = B, 5 = G. Jadi kita bisa coba berpatokan pada chord D, A, Bm dan G. Untuk melodinya kita bisa gunakan scale D Major (pada tuning Drop D).

Scale D Major pada Tuning Drop D
Scale D Major pada Tuning Drop D

Sebagai gambaran bagaimana tablature fingerstyle ini dimainkan, kita bisa lihat langsung video fingerstyle Jacques Stotzem.

Video Gitar Fingerstyle dengan Tuning Drop D Lagu With Or Without You


Post a Comment for "Belajar Gitar Fingerstyle dengan Tuning Drop D Lagu With Or Without You"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: