Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Gitar Tanpa Guru

Belajar Gitar Tanpa Guru
Belajar Gitar Tanpa Guru
Buat teman-teman yang sedang belajar terus bermain gitar, kali ini Chordsmain mengajak teman-teman untuk membahas bagaimana sebaiknya belajar gitar tanpa guru atau belajar gitar secara mandiri (self learning). 

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk belajar gitar misalnya dengan secara khusus mengambil pendidikan yang formal di jurusan seni musik baik itu sekolah musik atau perguruan tinggi seperti di sebuah institut seni. Atau mungkin bagi pelajar dan mahasiswa, sambil sekolah atau kuliah, teman-teman juga bisa mengambil kursus atau private musik di lembaga-lembaga kursus terdekat di kota teman-teman. Semuanya tergantung motivasi dan minat teman-teman, dan mungkin tergantung dengan konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan untuk belajar gitar dengan cara di atas.

Lalu bagaimana dengan belajar gitar tanpa guru atau belajar gitar secara mandiri (self learning) atau sering diistilahkan dengan belajar gitar secara otodidak. Misalnya dengan referensi dari buku belajar gitar, website belajar gitar di internet, video tutorial belajar gitar misalnya di Youtube atau di website khusus untuk belajar gitar secara online. Dengan semua kemudahan dan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini memang sangat menunjang dan memungkinkan teman-teman untuk belajar gitar secara mandiri atau tanpa guru. Ini adalah kemudahannya, kelebihan dari fasilitas yang ada yang bisa kita manfaatkan. Dan kita bisa belajar kapan saja dan dimana saja. Namun tentu saja tidak lepas dari kekurangan atau kendala yang bisa kita alami pada saat belajar gitar secara mandiri.

Berikut ini sebagian rangkuman kekurangan belajar gitar tanpa guru yang perlu kita ketahui sebagai analisa yang bisa kita pertimbangan sebagai panduan dalam berlatih atau belajar gitar meskipun tanpa guru gitar.

  • Tidak semua informasi atau tutorial belajar gitar di internet disajikan secara lengkap atau terkadang referensi tentang belajar gitar yang kita cari ternyata hasilnya tidak cocok dengan yang kita maksud. 
  • Penyedia konten di internet baik itu tulisan, video, audio dan sebagainya terkadang hanya memberikan pokok-pokoknya saja dan terkadang tidak secara mendetail atau bahkan sengaja disajikan secara tidak lengkap. 
  • Ketika teman-teman mengajukan sebuah pertanyaan dalam sebuah group, forum atau diskusi belajar gitar pun seringkali tidak langsung kita dapatkan jawabannya.
Dari mengetahui kekurangan-kekurangan tersebut, diharapkan kita bisa menyiasatinya dengan lebih memotivasi diri kita untuk lebih cerdas mencari ke arah mana fokus belajar gitar kita. Misalnya, meskipun tidak semua informasi ada dan lengkap di internet, mungkin kita bisa meminta bantuan keluarga, teman atau sahabat sebagai tutor yang tentunya akan lebih secara personal membagi ilmu dan informasinya kepada kita.

Demikian tips belajar gitar tanpa guru dari Chordsmain, jika teman-teman ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Belajar Gitar Tanpa Guru"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: