Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setelan Stem Tuning Gitar Drop D


Cara Menyetem Gitar Drop D
Cara Menyetem Gitar Drop D
Kali ini Chordsmain mengajak teman-teman membahas cara belajar gitar untuk pemula tentang bagaimana menyetem setelan atau tuning gitar Drop D.

Jika teman-teman penggemar berat musik-musik rock, punk atau metal dan sejenisnya atau sedang belajar ingin bisa memainkan gitar musik-musik keras tersebut, mungkin teman-teman sering mendengar istilah Drop.

D. Drop D ini maksudnya adalah setelan, stem atau tuning senar gitar dengan urutan DADGBE, sedikit berbeda dengan stem atau tuning gitar standar atau biasanya yaitu EADGBE. Ini artinya untuk menyetem gitar menjadi Drop D, kita hanya perlu menurunkan satu nada pada senar gitar paling atas atau senar nomor 6 dari E menjadi D. Berikut ini perbandingan antara setelan stem atau tuning standar dengan setelan stem atau tuning gitar Drop D.

Setelan Stem atau Tuning Gitar Drop D
Setelan Stem atau Tuning Gitar Drop D
Teman-teman bisa bandingkan pada senar atau string 6 saja yang berubah, yaitu lebih rendah satu nada dari E menjadi D. Cara menyetem senarnya yaitu dengan cara menekan senar 6 pada kolom atau fret 7 lalu petik dan menyamakannya dengan suara senar 5 dipetik tanpa ditekan (open). Cara lainnya yang sama saja menyamakan senar 6 (open) menjadi nada D langsung dengan senar 4. Cara ini memang yang paling mudah.

Keuntungan atau keunggulan menggunakan setelah stem atau tuning gitar Drop D ini adalah memudahkan kita memainkan chord gitar yang disebut dengan Power Chord seperti F5 G5 A5 hanya dengan mengunakan senar 6, 5 dan 4 saja. Ini membantu kita untuk memainkan chord-chord yang sering dipakai untuk lagu atau musik-musik rock, punk, grunge bahkan musik blues dan sebagainya.

Berikut ini sebagian contoh Power Chord yang bisa teman mainkan pada setelan stem atau tuning gitar Drop D, sebagai gambaran perbedaannya dengan Power Chord pada Tuning Standar.
                D5                    F5                          G5                     A5
Contoh Power Chord pada Tuning Gitar Drop D
Contoh Power Chord pada Tuning Gitar Drop D
Selamat mencoba Cara Menyetem Gitar Drop D, mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Setelan Stem Tuning Gitar Drop D"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: