Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Kecepatan Jari dalam Bermain Melodi Gitar

Cara Melatih Kecepatan Jari dalam Bermain Melodi Gitar
Cara Melatih Kecepatan Jari dalam Bermain Melodi Gitar
Dari beberapa pertanyaan atau diskusi di group dan page Facebook, Chordsmain beberapa teman yang sedang belajar gitar terutama belajar melodi gitar untuk pemula sering menanyakan tentang bagaimana Cara Melatih Kecepatan Jari dalam Bermain Melodi Gitar. 

Pada tutorial kali ini Chordsmain ingin berbagi tips dan trik tentang beberapa cara latihan kecepatan jari dalam bermain gitar yang dapat membantu teman-teman untuk bisa bermain gitar dengan kecepatan dan tentunya dengan akurasi yang baik. Dengan ketekunan dalam berlatih setiap hari, dalam waktu tidak lama sebenarnya teman-teman akan merasakan kemajuan dalam peningkatan skill atau keahlian bermain gitar bahkan mungkin bisa menjadi salah satu gitaris terbaik.

Berikut tips dan cara melatih kecepata jari dalam bermain melodi gitar, latihan ini juga akan semakin menambah kecepatan dalam berpindah kunci gitar atau chord gitar dan dalam improvisasi permainan gitar pada lagu yang teman-teman mainkan.

1. Melakukan latihan atau senam jari setiap hari

Dengan latihan yang tekun tentu akan menambah keterampilan belajar, lakukanlah praktek latihan jari ini setiap hari maka ini akan semakin menjadikan jari-jari luwes bahkan sempurna dan mempermudah dalam menekan senar dan memainkan teknik gitar secara keseluruhan. Lakukan pemanasan jari-jari dengan berlatih skala atau pola (scale) yang membuat peregangan jari-jari, sebelum pindah ke latihan yang lebih lanjut yang dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan Anda sebagai gitaris. Contoh scale yang bisa dimainkan diantaranya major scale atau minor scale. Teman-teman juga bisa memainkan dari nada dasar mana scale ini ingin dimainkan, misalnya memainkan major scale dari nada C atau kita bisa menyebutnya melodi gitar dari chord C Mayor. Atau mungkin teman-teman lebih nyaman memainkan melodi atau scale jenis musik yang disukai seperi scale blues atau mungkin scale jazz.

2. Berlatih untuk power atau kekuatan yang bisa membantu dan menyebabkan kecepatan jari  

Latihan gitar untuk kecepatan harus juga memperkuat jari-jari pada saat yang bersamaan yaitu melatih jari untuk bergerak cepat dan memperhatikan kualitas keakuratan dalam memainkan setiap note pada fretboard gitar. Tanpa pelatihan yang tepat dan penguatan jari, jangan berharap untuk membuat banyak kemajuan dalam bermain gitar. Teman-teman bisa lakukan masih dengan melakukan senam jari seperti memainkan scale dengan konsentrasi yang lebih baik pada pengaturan power atau tenaga dan memperhatikan kecepatan ketepatan jari pada saat bersamaan.

3. Melatih kedua tangan

Praktek jangan hanya melatih kecepatan jari tangan kiri memainkan chord dan melodi atau scale, latihan bermain gitar ini harus dilakukan pada kedua tangan. Prinsipnya adalah melatih kedua tangantangan untuk bermain dengan kecepatan dan akurasi. Tangan kiri menekan senar pada fret dan tangan kanan melakukan petikan atau strumming secara selaras, jadi suara yang dihasilkan akan tetap bulat dan jernih meskipun kita memainkan jari dengan cepat. Jika kita menggunakan pick maka gunakanlah pick secara benar dan efektif dan harus dilatih mengimbangi kecepatan bergerak jari tangan kiri di atas senar pada fretboard.

 4. Mencatat setiap kemajuan kecepatan jari setiap hari
Kecepatan jari dalam bermain melodi gitar yang sekarang teman-teman miliki bisa dicatat terlebih dahulu sebelum melatih kecepatan ini. Kemudian lakukan latihan jari dengan salah satu scale gitar yang dikuasai dan catat pula waktu yang dicapai. Ke depannya teman-teman bisa targetkan ingin seberapa cepat jari tangan kita memainkan scale yang sama.

5. Jangan lupa perhatikan kualitas suara

Setelah mampu memperoleh kemajuan bermain gitar dengan penjarian yang cukup cepat, kita bisa evaluasi apakah kecepatan jari kita memainkan melodi atau scale gitar seimbang hasinya dengan kualitas suara yang dihasilkan. Karena dari pengalaman banyak sekali pemain gitar yang bisa bermain cepat, tapi sayangnya, tidak setiap gitaris cepat bisa bermain dengan kecepatan dan presisi. Sangat penting bahwa kita jangan mengorbankan kualitas suara dengan bermain cepat. Permainan gitar yang cepat akan sangat menarik dan menyenangkan untuk dinikmati baik oleh pemain gitar atau orang lain ketika performansi kecepatan bermain melodi gitarnya akurat, terkontrol dan dinamis. Jadi mulai sekarang latihlah kecepatan jari teman-teman dengan tetap memperhatikan kualitas suara yang dihasilkan.

Demikian tutorial belajar gitar tentang Cara Melatih Kecepatan Jari dalam Bermain Melodi Gitar, semoga bisa membantu proses latihan teman-teman dan bermanfaat. Tinggalkan komentar, saran dan kritik teman-teman di kolom komentar di bawah tulisan ini untuk perbaikan ke depan.

3 comments for "Cara Melatih Kecepatan Jari dalam Bermain Melodi Gitar"

  1. JASA INSTRUMENTALIA SOLO GITAR PROFESIONAL BERPENGALAMAN
    Menerima panggilan permainan Solo Gitar pop untuk :
    -Event
    -Party
    -Wedding
    -Reguler

    Menyediakan Duet Gitar Dengan : Biola,Flute & Clarinet

    Menerima Aransemen Solo Gitar

    Siap Melayani Privat/Less Gitar untuk anak-anak hingga dewasa,Guru siap datang kerumah Sejabodetabek.
    Kunjungi: http://erikchairianda.blogspot.com/
    Hub. Chairianda di 0815-925-2005 / 0812-1306-8168
    BBM 5240B441

    ReplyDelete
  2. makasih ilmunya bang,, salam kenal, mampir di blog aku bang, sama-sama membahas gitar https://netcrot.com

    ReplyDelete

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: