Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula

Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula
Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula
Teman-teman pasti sudah tahu kan pemain gitar seperti Andi McKee, Sung Ha Jung, Mike Dawes, atau bahkan pernah lihat permainan gitar Michael Hedges, Preston Reed, Don Ross dan pemain gitar atau gitaris dengan gaya permainan gitar fingerstyle. Dan kali ini Chordsmain ingin membahas tentang Cara Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula, apa saja yang harus dilatih supaya kita bisa lebih mudah dalam latihan memainkan gitar dengan teknik fingerstyle ini

Belajar menguasai tekhnik gitar figerstyle seperti para gitaris fingerstyle terkenal favorit teman-teman, memang butuh tips khusus untuk dapat menguasai semua skilnya, yang paling pertama adalah  kita minimalnya harus sudah menguasai dan memahami note dan kunci gitar akustik.

Pada permainan gitar fingerstyle ini memang berbeda dengan teknik gitar lainya yang bisa kita hapalkan polanya, bermain gita fingerstyle memiliki tingkat kesulitan di atas permainan gitar pada umunya. Jika teman-teman seorang gitaris melody mungkin akan lenih mudah mempelajarinya, karena mungkin jari-jari sudah lebih terlatih dan luwes atau lincah. Tapi jangan khawatir buat kita yang bukan gitaris melody ada beberapa langkah atau tips latihan yang bisa kita pelajari untuk bermain gitar fingerstyle.

1. Biasakan Memetik Senar dengan Ujung Jari

Cara memetik fingerstyle pada umumnya adalah dengan ujung jari, jika baru pertama mencoba akan terasa sakit karena ujung jari tangan kanan belum merasakan yang dialami jari tangan kiri, karena jari tangan kiri setiap bermain gitar selalu menekan senar, jadi akan nampak kuat ujung jari tangan kiri. Tapi, jika sudah terbiasa anda lakukan, minimal setiap hari, ujung jari kanan tidak lagi terasa sakit.

2. Senam Jari (Fingering)

Cara melakukan senam jari yang bisa kita latih yaitu dengan melakukan latihan memetik senar gitar dengan ujung jari mulai dari senar paling atas sampai ke bawah, dengan cara petik senar 5,6 dengan ibu jari, kemudian senar 4 dengan telunjuk, senar ke 3 dengan jari tengah, senar ke 2 dengan jari manis, dan senar 1 dengan kelingking. Jadi pada latihan petikan tangan kanan untuk fingerstyle semua jari  tangan kanan harus digunakan dan dilatih dengan baik.

Lakukan latihan ini secara bolak-balik, teman-teman juga bisa improvisasi dengan berpindah-pindah petikan, seperti urutan senar 654321,123456,645321,132456, dan variasi yang lain yang bisateman-teman tentukan sendiri, tujuannya adalah untuk membiasakan semua ujung jari memetik dan membuatnya lebih terampil

Jika dirasa, jari sudah kuat dan lincah, teman-teman bisa memulai memainkan melody dengan menggabungkan petikan jari tangan kanan dan memainkan melodi dengan jari tangan kiri. Kita juga bisa membuat pola latihan senam jari sendiri, yang penting adalah petikan dan permainan melodi bisa serasi dan menghasilkan suara yang akurat.

3. Latihan Fingerstyle yang Sebenarnya
Jika tips latihan pada langkah 1 dan 2 sudah kita kuasai, berarti kita siap memainkan lagu dengan fingerstyle. Ada beberapa lagu yang bisa kita pelajari atau dengarkan, misalnya dengan melihat video cover gitar fingerstyle di Youtube, atau lagu dengan tab gitar gratis versi fingerstyle yang disediakan di website-website seperti dari songsterr.com. Carilah referensi teknik permainan gitar fingerstyle dari para pemain gitar fingerstyle terkenal yang kita sukai. Kemudian pada akhirnya mudah-mudahan kita bisa temukan gaya bermain gitar fingerstyle kita sendiri. Kita bisa mainkan apa saja lagu yang kita sukai dengan teknik dan gaya fingerstyle, rekam lalu perbaiki kekurangan dan kesalahan-kesalahan untuk menyempurnakan kualitas permainan gitar kita. Teman-teman juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas fingerstyle di Indonesia untuk berbagi referensi dan pengalaman dengan sesama penghobi fingerstyle.

4. Latihan Secara Rutin, Konsisten dengan Sepenuh Hati
Latihan secara konsisten dan terkonsep tentu akan menghasilkan kemajuan yang berarti dalam keahlian bermain gitar kita. Dan tentunya tidak hanya belajar fingerstyle, semuanya perlu latihan rutin untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Jadi, lakukanlah dengan senang hati latihan kita seperti yang kita bahas di tips pada langkah 1,2,3 di atas.

Mudah-mudahan tulisan tentang Cara Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula ini bisa membantu dan bermanfaat.

1 comment for "Cara Belajar Gitar Fingerstyle untuk Pemula"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: