Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Kategori Gitar Akustik Menurut Bahan dan Konstruksinya

Kategori Gitar Akustik Menurut Bahan dan Konstruksinya
Gitar Akustik Menurut Bahan dan Konstruksinya
Banyak sekali bentuk, type dan model dari gitar akustik yang bisa teman-teman lihat di toko alat musik.

Namun sebagai tambahan referensi sebelum kita memilih atau membeli gitar sebaiknya kenali dulu tiga kategori gitar akustik menurut konstruksinya, yaitu antara lain:

All Laminated
Gitar akustik dengan konstruksi All Laminated ini dari dulu mungkin sudah beredar banyak, baik dari merk luar maupun lokal. Dari merk luar yang merajai pasar yaitu merk Yamaha, kalau merk lokalnya ada banyak, diantaranya ada Arista, Genta, Allegro dan lain-lain.
Gitar Akustik Allegro
Gitar Akustik Allegro
Maksud dari istilah Laminated itu sendiri adalah bahan gitarnya terbuat dari kayu ply atau kita mengenalnya dengan triplek. Kebanyakan gitar jenis ini belum pake truss rod atau semacam batang besi di dalam stang atau neck gitar, neck gitar hanya berupa bahan kayu saja dan lebih mudah bengkok, kalau sampai necknya bengkok akan sulit diperbaiki..

Laminated with Solid Top
Di pasaran sekarang sudah banyak beredar gitar akustik yang bagian depan atau top-nya solid, body-nya laminated, contohnya merk-merk gitar seperti Yamaha, Cort, Fender, Takamine (low end), Nohman, dan lain-lain, dengan harga yang lumayan terjangkau.
Gitar Akustik Elektrik Yamaha APX 500III
Biasanya gitar jenis ini sudah menggunakan truss rod, dan biasanya sudah dilengkapi dengan preamp atau teman-teman sering meyebutnya equalizer untuk akustik elektrik. 

All Solid (Top, Back, Side Solid)
Untuk gitar akustik yang All Solid banyak didominasi oleh merk dari luar, teman-teman pasti sudah tahu beberapa merk seperti C.F. Martin, Taylor, Takamine, Cordoba dan merk-merk gitar dari luar negeri lainnya. Merk-merk itu juga memproduksi versi low end-nya dimana bodynya laminated tapi topnya solid. 
Gitar Akustik Elektrik Taylor 210ce DLX
Gitar Akustik Elektrik Taylor 210ce DLX
Tapi jangan salah produsen gitar lokal kita juga sudah banyak yang memproduksi gitar akustik All Solid, contohnya ada Secco, dan beberapa luthier bagus yang tidak melakukan produksi secara massal. Kisaran harga gitar semacam ini pasti jauh lebih mahal di atas gitar akustik laminated, tapi apakah sudah pasti sound dan playability-nya jauh di atas yang laminated?. Untuk itu kita harus memahami lebih banyak tentang cara terbaik memilih gitar yang cocok dengan kebutuhan kita.

Demikian 3 Kategori Gitar Akustik Menurut Bahan dan Konstruksinya, mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment for "3 Kategori Gitar Akustik Menurut Bahan dan Konstruksinya"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: