Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nama dan Urutan Senar/String Gitar

Sebagai seorang pemain gitar pemula sangat penting bagi Anda untuk mengetahui nama-nama senar gitar. Setelah Anda mempelajari nama-nama senar Anda akan menggunakan pengetahuan itu sepanjang waktu. Misalnya ketika anda melakukan tuning gitar atau menyetem dan mencari nada-nada atau chord pada lagu baru yang sedang dipelajari.

Jika kita menggunakan string/senar tebal atau sering disebut senar bass pada gitar sebagai titik awal, nama senar pada gitar tersebut urutannya yaitu  E, A, D, G, B, dan E. Perhatikan gambar di bawah ini.

Nama dan Urutan Senar/String Gitar
Nama dan Urutan Senar/String Gitar
Senar bass yang paling atas dan memiliki nada rendah ini adalah E string, bisa juga disebut sebagai senar/string 6. Senar berikutnya adalah adalah senar/string 5 dan seterusnya.

Anda tidak perlu bingung karena ada senar/string E satu lagi yaitu pada senar/string paling bawah. Senar yang paling bawah bernama senar/string E juga dan disebut string pertama, perbedaannya adalah senar E bawah memiliki nada lebih tinggi dua octave di atas string E rendah (senar paling atas).

Demikian tutorial belajar gitar untuk pemula tentang Nama dan Urutan Senar/String pada Gitar. Mudah-mudahan bermanfaat.

1 comment for "Nama dan Urutan Senar/String Gitar"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: