Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyetem dan Belajar Kunci Gitar atau Chord Ukulele

Belajar Chord Ukulele
Belajar Chord Ukulele
Untuk belajar Ukulele atau gitar kecil, memang sedikit susah. Meskipun begitu, anda yang pernah atau bisa memainkan gitar sebenarnya akan lebih mudah mempelajarinya. Anda akan menemukan sedikit perbedaan karena ukulele ini hanya memiliki senar 4 bahkan ada yang hanya memiliki 3 senar. Sebenarnya ada juga ukulele yang memiliki 6 senar seperti gitar biasa.

Dan kali ini Chordsmain mengajak anda untuk mempelajari kunci gitar atau chord ukulele dengan 4 senar saja.

Seperti pada gitar biasa yang bersenar 6 dengan urutan nada dari atas yaitu senar 6 sampai ke senar 1 EADGBE, ukulele memiliki 4 senar dengan urutan nama nada senar GCEA, ini yang membedakan cara menyetem atau tuning pada ukulele.

Urutan Senar dan Cara Menyetem Ukulele
Urutan Senar dan Cara Menyetem Ukulele

Pada gambar di atas, senar paling atas adalah G. Pada saat pertama kali atau awal menyetem, kita bisa menyetem terlebih dahulu senar paling bawah A dengan nada la, atau menyetem dulu senar atas G dengan nada sol. Dari mana ini diperoleh?

Ini mengacu pada C sama dengan Do, CDEFGAB (do - re - mi - fa - sol - la - si), karena urutan senar ukulele GCEA atau sol - do - mi - la.

Untuk menyetem kita bisa mengikuti panduan gambar di atas, lakukan penyeteman sebagai berikut:
Samakan suara senar G ditekan pada fret 2 dengan senar A (open/tidak ditekan),
Samakan suara senar C ditekan pada fret 4 dengan senar E (open/tidak ditekan),
Samakan suara senar E ditekan pada fret 3 dengan senar G (open/tidak ditekan).

Setelah penyeteman atau tuning gitar ukulele sudah dilakukan secara benar. Berikut ini bentuk-bentuk kunci gitar atau chord ukulele yang bisa kita pelajari. Silahkan lihat gambar chord ukulele di bawah ini.

Kunci Gitar atau Chord Ukulele Lengkap
Kunci Gitar atau Chord Ukulele Lengkap
Demikian tutorial belajar gitar tentang Cara Menyetem dan Belajar Kunci Gitar atau Chord Ukulele. Mudah-mudahan bermanfaat.

Kami rekomendasikan beberapa pilihan Ukulele yang bagus untuk Anda miliki. Cek spesifikasi, harga, dan lain-lain di https://shope.ee/7Ut5bksA6K

Post a Comment for "Cara Menyetem dan Belajar Kunci Gitar atau Chord Ukulele"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: