Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Gitar Rhythm Reggae

Hai teman Chordsmain. Ada yang suka musik reggae?. Atau mungkin ada yang tertarik mencoba latihan dan memainkan gitar untuk lagu reggae?.Hari ini Chordsmain akan membahas cara belajar gitar rhythm reggae. Tutorial ini dibuat untuk membantu salah satu teman yang bertanya di page facebook Chordsmain dan beberapa teman di group tentang Bagaimana Cara Belajar Gitar Rhythm Reggae.

Bagaimana Teknik Cara Rhythm Gitar Reggae
Bagaimana Teknik Cara Rhythm Gitar Reggae
Rhythm dalam bermain gitar reggae sering juga teman-teman istilahkan sebagai mengiringi, menggenjreng, petikan atau kocokan. Pada dasarnya Rhythm atau mengenjreng gitar adalah cara untuk membunyikan semua atau sebagian senar gitar secara bersamaan sehingga menghasilkan pola bunyi yang harmonis, enak didengar untuk mengiringi sebuah lagu. Teknik rhythm tergantung pada jenis lagu yang diiringi dan dipengaruhi oleh tempo lagu yang dimainkan. Rhythm gitar juga tergantung dari ketukan lagu. Ketukan sebuah lagu ada beberapa yang sering digunakan, diantaranya yaitu: 4/4,  3/4, dan sebagainya.

Berikut ini cara atau teknik untuk latihan rhythm gitar reggae yang paling umum yang bisa kita pelajari:
  • Strum downward (down-stroke) atau menggenjreng ke bawah dengan memberi hanya sedikit tekanan pada saat menggenjreng senar pada sebuah chord, lalu menghentikan secara tiba-tiba dengan menempelkan permukaan keempat jari tangan kanan sehingga menciptakan suara perkusi, ini sering disebut dengan istilah teknik chop (memotong).
  • Strum upward (up-stroke) atau menggenjreng ke atas dan membiarkan suara senar terdengar dengan tekanan normal pada saat memainkan sebuah chord, kemudian menarik jari-jari dengan cepat sehingga suara chord gitar terpotong.
  • Menggabungkan downward (down-stroke dan Strum upward (up-stroke) ke dalam rhythm gitar pada lagu reggae.
Sebagai bahan latihan kita bisa menggunakan dua chord bolak-balik untuk berlatih rhythem. Kita dapat menggunakan chord mayor atau minor untuk praktek latihan. Setelah lancar kita dapat mencoba tiga silih berganti. Misalnya G, C dan D.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini silahkan simak video tutorial belajar gitar rhythm reggae untuk pemula yang sengaja Chordsmain buat untuk melengkapi tutorial ini.



Untuk melatih bermain gitar bagi teman Chordsmain yang suka musik reggae, disarankan untuk mencari banyak referensi misalnya dengan lebih banyak mendengarkan lagu reggae baik lagu reggae Indonesia atau pun lagu reggae luar negeri yang populer.

Demikian tutorial Belajar Gitar Rhythm Reggae untuk mengiringi lagu reggae atau memainkan musik reggae dengan gitar akustik untuk pemula. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Belajar Gitar Rhythm Reggae"

  1. klo rhythm lagu dhyo haw jarak dan kita gmna tuh rhythm nya

    ReplyDelete

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: