Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagi Sedikit Pengalaman Belajar Gitar Otodidak

Belajar Gitar Otodidak
Belajar Gitar Otodidak
Sebenarnya ada banyak tulisan tentang cara belajar gitar secara otodidak di internet, dengan berbagai tips dan triknya yang terkadang kalau kita baca sepertinya belajar gitar itu mudah sekali, bahkan banyak yang menulis dalam artikelnya dengan judul seperti cara belajar gitar cepat, cara cepat belajar main gitar, cara cepat belajar melodi gitar, cara cepat menguasai kunci gitar dalam 36 jam dan sebagainya. Sebenarnya menurut Chordsmain ini tidak ada salahnya. Tidak salah kalau judul-judul artikel atau tutorial di internet itu disajikan semenarik mungkin supaya pembaca penasaran dan akhirnya banyak pengunjung ke website atau blognya.

Belajar Gitar Secara Mandiri atau Otodidak

Kembali ke pembahasan belajar gitar secara otodidak atau secara mandiri, ada sedikit pengalaman yang ingin Chordsmain bagikan kepada teman-teman. Mudah-mudahan ini bermanfaat karena mengingat untuk belajar gitar sebagai hobi saja pun sebenarnya ada beberapa yang harus dipersiapkan dari mulai semangat, meluangkan waktu, bahkan uang atau biaya yang harus kita bayar untuk kegiatan belajar gitar ini. Meskipun dalam belajar gitar secara mandiri atau otodidak artinya kita belajar sendiri tapi ternyata berdasarkan pengalaman tetap saja ada biaya yang harus dikeluarkan namun tentunya tidak semahal kalau kita belajar gitar secara khusus di sekolah musik atau mengambil kursus/privat gitar secara intensive dengan guru gitar.

Kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk belajar gitar secara otodidak menurut Chordsmain ada beberapa yaitu diantaranya:

  1. Alat musik berupa gitar, silahkan pilih apakah mau menggunakan gitar akustik ataupun elektrik tentunya terserah kepada teman-teman dengan berbagai pertimbangan kemampuan kita membeli alat musik gitar tersebut.
  2. Buku-buku tentang belajar gitar, ini mungkin diperlukan untuk belajar teori dasar gitar karena pada dasarnya ada banyak istilah dan teknik dalam belajar gitar yang harus kita pahami dan pelajari.
  3. Mencari referensi dari artikel atau tutorial belajar gitar di internet, kegiatan ini memang membutuhkan biaya yaitu dengan membayar akses ke internet baik menggunakan komputer atau bahkan menggunakan perangkat mobile atau gadget. Selain artikel atau tutorial berbentuk tulisan, teman-teman bisa juga gabung di forum-forum atau group belajar gitar yang banyak dibuat oleh komunitas belajar gitar di internet seperti di sosial media Facebook, Twitter dan forum gitar lainnya.
  4. Melihat video tutorial belajar gitar dari CD, DVD atau media berbagi video dari internet seperti Youtube atau mungkin video bejalar gitar dari website lainnya.
  5. Bergabung dengan komunitas belajar gitar atau organisasi perkumpulan yang memiliki minat dan hobi belajar gitar secara offline di kota teman-teman. Sekarang sudah banyak komunitas pemain gitar yang bisa teman-teman temukan dan bergabung di dalamnya dengan harapan kita mendapatkan banyak inspirasi dan referensi untuk menambah kemampuan kita bermain gitar, karena biasanya mereka yang sehobi atau sama dalam ketertarikan seperti bermain gitar ini, akan lebih mudah berkomunikasi dengan baik dan informasi yang didapatkan akan lebih luar biasa kita dapatkan sambil menjalin silaturahmi sesama pemain gitar.

Demikian tulisan Chordsmain kali ini tentang Berbagi Sedikit Pengalaman Belajar Gitar Otodidak, mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat bagi semuanya. Salam.

2 comments for "Berbagi Sedikit Pengalaman Belajar Gitar Otodidak"

  1. Haha lagi belajar gitar ni. Dan kalau belajar otodidak atau sendiri cenderung jalan di tempat kalau tdk ada motifasi yg kuat
    Visit juga www.ihsandonesian.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Bro, belajar terus, thanks kunjungannya, mantap blognya Bro Ihsan..

      Delete

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: