Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Kunci Gitar Akustik Reggae untuk Pemula

Belajar Gitar Akustik Reggae
Belajar Gitar Akustik Reggae
Oh ya teman Chordsmain, kali ini kita akan membahas tentang Belajar Kunci Gitar Akustik Reggae untuk Pemula. Ini karena ada beberapa pertanyaan dari teman-teman Chordsmain tentang belajar gitar khusus untuk musik reggae. Cukup menarik juga untuk dibahas karena sebenarnya untuk mempelajari aliran-aliran musik atau gaya permainan gitar untuk genre musik yang berbeda-beda memang ada trik-triknya.

Menurut Chordsmain, belajar gitar reggae sebenarnya tidak jauh berbeda dengan belajar gitar untuk musik lainnya seperti jazz, blues, rock, pop dan lain-lain. Hanya saja ketika teman-teman lebih tertarik dengan satu gaya permainan misalnya reggae, yang harus dilakukan pertama kali adalah sering mendengarkan lagu atau musik reggae yang benar-benar teman-teman sukai. Ini akan menjadi pondasi dasar yang memudahkan teman-teman untuk mengulik permainan gitar reggae.

Perlu dicatat bahwa dalam bermain gitar reggae, sebenarnya kunci gitar atau chord yang digunakan sama saja dengan kunci gitar dasar seperti open chord atau power chord yang sering teman-teman pakai di lagu-lagu jenis musik lainnya. Yang paling membedakan yaitu pada teknik strumming atau petikan, genjrengan, kocokan atau apalah namanya, karena beberapa teman Chordsmain sering kali mengistilahkannya dengan genjrengan atau kocokan gitar regae, tidak tahu mana sebenarnya istilah yang benar :).

Berikut ini tutorial Belajar Kunci Gitar Akustik Reggae untuk Pemula yang mungkin bisa teman-teman pelajari untuk berlatih gitar sehingga nanti teman-teman bisa perdalam sendiri dengan memainkan lagu-lagu reggae favorit teman-teman.




Untuk belajar kunci gitar reggae, teman-teman bisa coba lihat contoh chord yang digunakan pada video belajar akustik untuk rhythm reggae berikut ini.

Video Belajar Rhythm Reggae Gitar Akustik




Dengan teknik rhythm sederhana seperti pada video di atas, sebagai bahan latihan permulaan kita bisa menggunakan dua chord bolak-balik untuk berlatih rhythem. Kita dapat menggunakan chord mayor atau minor untuk praktek latihan. Setelah lancar kita dapat mencoba tiga silih berganti. Misalnya G, C dan D. Atau misalnya memainkan lagu reggae No Woman No Cry Bob Marley dengan chord G  C  G/B  Am7  F  C  F  C  G.

Dengan melatih chord progression dan belajar scale melodi gitar misalnya Blues Minor Scale atau Blues Major Scale, sebenarnya teman-teman akan bisa memainkan lagu reggae apa saja yang disukai. Untuk contoh, silahkan lihat video di bawah ini, mungkin bisa dijadikan bahan latihan memainkan gitar reggae akustik :)

Video Belajar Gitar Reggae Akustik untuk Pemula dengan Lagu

No Woman No Cry - Bob Marley - Acoustic Cover



Dan rahasia memainkan gitar reggae adalah terletak pada strumming atau kocokannya. Sekedar tips, kita bisa memainkan chord apa saja pada saat memainkan gitar untuk reggae. Pada saat menggenjreng mengocok atau struming kita gabungkan dengan teknik meredam suara yang keluar dari chord dengan menyentuh tanpa menakan semua senar dengan telapak tangan, bisa menggunakan tangan kiri atau coba juga dengan tangan kanan, sambil membentuk chord berikutnya untuk digenjreng. Ciri khas strumming reggae ini selain suara chord, biasanya terdengar juga suara seperti "chk...jreng..chkk..". Kira-kira seperti itu.


Demikian artikel atau tutorial tentang Belajar Kunci Gitar Akustik Reggae untuk Pemula, mudah-mudahan nantinya bisa kita lanjutkan dengan tutorial belajar gitar khusus reggae lainnya. Semoga bermanfaat. Selamat berlatih.

1 comment for "Belajar Kunci Gitar Akustik Reggae untuk Pemula"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: