Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Kunci Dasar atau Chord Dasar Gitar

Belajar Kunci Dasar Gitar
Belajar Kunci Dasar Gitar
Hai, teman Chordsmain. Bagaimana latihan belajar gitarnya. Kali ini Chordsmain mengajak teman-teman membahas tentang Belajar Kunci Dasar atau Chord Dasar Gitar. Sebenarnya tidak ada yang baru dengan belajar kunci gitar dasar. Ini tetap berhubungan dengan latihan gitar dengan memainkan chord-chord gitar. Tapi pernahkan teman-teman memperhatikan atau mendengarkan lagu kemudian menguliknya dengan mencoba mencari sendiri kunci gitar pada lagu tersebut. Kadang-kadang kita mendengar chord yang terdengar unik, aneh bahkan misterius karena ternyata kita tidak bisa menebak kunci gitar dengan kunci gitar dasar yang kita tahu.

Jadi untuk menambah pengetahuan kita tentang Belajar Kunci Dasar Gitar atau Chord Dasar Gitar, tidak ada salahnya jika Chordsmain mengajak lagi teman-teman untuk mengamati bentuk-bentuk chord yang biasa kita pergunakan. Sebagai contoh kita coba untuk mempelajari lagi bentuk-bentuk kunci dasar gitar yaitu C.

Kunci Gitar Chord Gitar C5
C5


Kunci Gitar Chord Gitar C6
C6


Kunci Gitar Chord Gitar C7
C7


Kunci Gitar Chord Gitar C7M
C7M


Kunci Gitar Chord Gitar C7sus2
C7sus2

Kunci Gitar Chord Gitar C7sus4
C7sus4


Kunci Gitar Chord Gitar C
C


Kunci Gitar Chord Gitar Caug
Caug


Kunci Gitar Chord Gitar Cdim
Cdim


Kunci Gitar Chord Gitar Cm6
Cm6


Kunci Gitar Chord Gitar Cm7
Cm7


Kunci Gitar Chord Gitar Cm7M
Cm7M


Kunci Gitar Chord Gitar Cm
Cm


Kunci Gitar Chord Gitar Csus2
Csus2


Kunci Gitar Chord Gitar Csus4
Csus4



Untuk panduan penomoran jari, senar dan fret silahkan lihat pada gambar berikut:

Penomoran Jari Senar dan Fret
Penomoran Jari Senar dan Fret

Kalau kita perhatikan gambar kunci dasar gitar di atas, kita bisa catat beberapa hal yang ada dalam gambar kunci gitar dasar C tersebut. Misalnya pada gambar C Major, biasanya kita tulis hanya dengan C saja.

Kunci Gitar Chord Gitar C
C

Dari kunci C di atas, ada 5 senar yang bisa dimainkan, tapi coba kita perhatikan lagi pada angka 1,2 dan 3 (yang ditekan dengan jari telunjuk 1, jari tengah 2, jari manis 3) itu adalah nada C-E-C. Lalu ada senar yang tidak ditekan tapi kita mainkan (open string dengan tanda O) yaitu senar G dan E. Jadi sebenarnya kita bisa simpulkan bahwa untuk memainkan chord C Major, kita bisa menekan nada C-E-G. Dan meskipun teman-teman menekannya tidak sama bentuknya dengan gambar kunci gitar dasar C di atas, tapi teman-teman menekan ketiga nada tersebut itu tetap berarti teman-teman sedang memainkan chord atau kunci gitar dasar dari C Major.

Untuk lebih jelasnya silahkan teman-teman perhatikan penggunaan kunci gitar dasar C Major di fret 1, fret 8, fret 15 dan fret 20. Mohon maaf jika videonya tidak bagus (hanya menggunakan aplikasi Guitar Pro 5), tapi mudah-mudahan bisa memudahkan kita memahami maksud bentuk dan posisi chord pada fret yang berbeda di sepanjang fretboard gitar.

Video Belajar Kunci Dasar atau Chord Dasar Gitar C Major di Fret 1, 3, 8, 15, 20


Demikian tutorial tentang Belajar Kunci Dasar atau Chord Dasar Gitar, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Selamat berlatih gitar.

Post a Comment for "Belajar Kunci Dasar atau Chord Dasar Gitar"

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement:

Advertisement: