Personal Web Blog Tutorial dan Tips Belajar Gitar Akustik untuk Pemula

Cara Mudah Belajar Membaca Tab Gitar (Guitar Tablature)

Cara Mudah Belajar Membaca Tab Gitar (Guitar Tablature)
Cara Mudah Belajar Membaca Tab Gitar (Guitar Tablature)
Dari pertanyaan beberapa teman Chordsmain sering menanyakan sebenarnya bagaimana cara membaca tab gitar untuk pemula dan cara membaca tab gitar melodi?

Tablature atau Tab Gitar berfungsi untuk memberitahu Anda bagaimana sebuah lagu dimainkan di gitar. Sebenarnya membaca tab adalah mudah. Di tutorial ini Chordsmain mengajak anda untuk memulai belajar membaca Tab Gitar dengan cara yang mudah.

Pada gitar biasanya memiliki 6 string (senar) dalam tutorial ini kita biasakan untuk menyebut senar dengan istilah string untuk memudahkan pemahaman kita dengan tutorial-tutorial gitar lainnya. Ada juga yang memiliki 7 string dan 12 string, namun kali ini kita akan mengabaikan, dan anggap saja pada tutorial ini kita menggunakan gitar dengan 6 string.

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah nama-nama dari keenam senar tersebut. String atas adalah string tebal, dan itu disebut senar 6 atau senar E, karena memainkan not E di fret terbuka (ketika Anda tidak menekan frets apapun dan hanya memetik senar), dengan asumsi tuning standar.

String berikutnya disebut string 5. Berikutnya adalah string 4 atau string D, string 3 atau string G, string 2 atau string B dan 1 atau e string (string tertipis). String 1 dan 6 keduanya adalah E, kita membedakan string 1 dengan menulis kecil "e".

Nah, sekarang kita siap untuk pindah ke tab. Hal pertama yang akan anda lihat pada tab adalah bahwa ada enam garis. Mereka mewakili enam senar gitar. Tampilannya terlihat seperti ini:

e  -------------------------
B -------------------------
G -------------------------
D -------------------------
A -------------------------
E -------------------------

Perhatikan bahwa string atas gitar anda (string 6 atau E) tertulis di bawah tab, dan string bawah (stirng 1 atau e) tertulis di bagian atas. Banyak pemula yang baru belajar Tab Gitar sedikit bingung dengan tampilan seperti terbalik ini, tetapi ini adalah cara standar untuk menulis tab (jangan tanya kenapa).

Hal berikutnya yang anda lihat pada tab adalah angka-angka. Angka-angka yang mewakili frets. 1 berarti posisi jari fret1, 2 berarti posisi jari di fret 2 begitu seterusnya.  Sedangkan 0 (nol) berarti membuka string, string tidak ditekan pada fret manapun. Sebagai contoh:

e  --------2-----------------
B ------3---3---------------
G ----2-------2-------------
D --0-----------------------
A --------------------------
E --------------------------

Tab di atas dibaca dari kiri ke kanan. Jadi, tab ini berarti, pertama kali Anda bermain string D di fret terbuka, kemudian string G di fret 2, kemudian string Bdi fret 3 dan seterusnya. Jika Anda tahu chord Anda, maka Anda akan melihat bahwa tab ini memainkan chord D Major.

Pada software Guitar Pro, anda bisa melihat tampilan Tab Gitarnya seperti berikut:

D Major Tab
D Major Tab











Contoh lain:

e  --0--0--0--2--2--------------
B --0--0--2--3--3--------------
G --1--1--2--2--2--------------
D --2--2--2--0--0--------------
A --2--2--0--x--x--------------
E  --0--0--x--x--x--------------

Perbedaan antara tab ini dengan tab pertama adalah bahwa dalam tab ini, beberapa string dimainkan pada saat yang sama. Posisi jari anda menekan string A di fret 2, string D di fret 2, string G di fret 1. String 6 atau E, string 2 atau B dan string 1 atau e tidak ditekan (0). Ini dimainkan sebanyak dua kali.
Kemudian string D di fret 2, string G di fret 2, string B di fret 2, string A dan e (0), string E tidak dimainkan). Begitu seterusnya.

Sebenarnya ini adalah beberapa chord yang dimainkan, silahkan diamati maka Anda akan melihat bahwa ini adalah chord E Major yang dimainkan dua kali. Chord berikutnya adalah A Major yang dimainkan sekali dan kemudian D Major dimaikan dua kali. Tanda x menunjukkan bahwa string tidak bolah dimainkan. Artinya Anda tidak memetik string. Tanda x juga bisa menunjukkan note mati.

Pada software Guitar Pro, anda bisa melihat tampilan Tab Gitarnya seperti berikut:

Chord Gitar E - A - D Major










Chord Gitar Tab
Chord pada Tab Gitar
















Demikian tutorial belajar gitar untuk pemula tentang Cara Mudah Belajar Membaca Tab Gitar (Guitar Tablature). Tutorial ini masih akan bersambung pada tutorial berikutnya. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang terus berlatih bermain gitar.
0 Komentar untuk "Cara Mudah Belajar Membaca Tab Gitar (Guitar Tablature)"

Back To Top